• Minggu, 25 September 2022

Hindari Kesalahan saat Menolong Korban Pingsan, Perhatikan Hal Ini Ya!

- Rabu, 30 Maret 2022 | 11:06 WIB
 (dok. Ilustasi Unsplash)
(dok. Ilustasi Unsplash)




TemanBaik, hal apa yang pertama kamu lakukan saat menolong korban yang tidak sadarkan diri (pingsan) seperti saat terjadi kecelakaan, misalnya. Memberinya minum, mengoleskan aroma terapi seperti minyak kayu putih, atau bahkan menampar pipinya?

Jangan lakukan hal tersebut lagi ya, karena ternyata hal tersebut adalah kesalahan besar dan dapat membahayakan korban.


Memberi minum pada korban yang tak sadarkan diri dapat menyebabkan kematian karena ada resiko aspirasi. Masuknya benda atau cairan asing kedalam saluran napas. Memberikan minum hanya boleh dilakukan ketika korban sudah tersadar.

Seseorang yang tak sadarkan diri mengalami penurunan kemampuan untuk membersihkan jalan napas ketika ada benda asing masuk. Jika hal ini terjadi, jalan napas dapat tersumbat akibat tersedak dan korban bisa tewas ditempat.

Hal lainnya seperti memberi aroma terapi juga tidak disarankan. Tidak semua orang menyukai wewangian, dan reaksi yang ditimbulkan akan berbeda-beda. Kita tidak tahu seseorang sensitif dan memiliki alergi atau biasa saja.

Baca Juga: Bibir Kering saat Puasa Ramadhan? Coba Lakukan 7 Hal Ini


Nah, untuk itu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu orang/korban yang tak sadarkan diri secara aman. Berikut tahapan pertolongan pertama pada orang pingsan:

1. Tangkap orang tersebut sebelum terjatuh, orang yang akan pingsan biasanya memiliki ciri khusus dan dapat dikenali dari penampakan fisiknya

2. Baringkan orang tersebut secara terlentang pada bidang datar dengan mengangkat kakinya lebih tinggi dari jantung, posisi ini dapat mendorong darah untuk mengalir ke otak daripada tubuh bagian bawah

3. Longgarkan pakaian, terutama kerah leher dan pinggang

4. Bubarkan keramaian, berikan ruang udara. Hal ini dilakukan agar oksigen dapat masuk dengan banyak

5. Jika ada tanda-tanda akan muntah segera bantu dan terlentangkan lagi, posisikan kepala miring kesalah satu sisi untuk mencegah lidah jatuh ke belakang.

6. Memastikan kesadaran dengan menanyakan pertanyaan sederhana, seperti: siapa namamu?, tanggal berapa sekarang?, atau tanyakan keberadaan dia saat itu. Jika dia kesulitan menjawab artinya sudah ada perubahan status mental dan yang harus kamu lakukan adalah meminta bantuan ambulan atau bawa ke IGD terdekat.

7. Apabila status mental baik, korban berarti sadar. Kamu bisa menanyakan apakah dia sudah makan atau ada yang bisa kamu bantu. Nah di posisi ini baru kamu bisa memberinya minum.

Nah itu dia yang bisa TemanBaik lakukan untuk menolong orang yang pingsan, jangan sampai salah lagi yah!

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak 12 Manfaat Luar Biasa Biji Labu bagi Kesehatan

Sabtu, 24 September 2022 | 09:44 WIB

7 Makanan Ini Mampu Meredakan Batuk dan Pilek Lebih Cepat

Minggu, 18 September 2022 | 18:45 WIB

10 Manfaat Berjalan Kaki bagi Kesehatan Tubuh

Sabtu, 17 September 2022 | 10:23 WIB

Minuman Ini Mampu Meningkatkan Imunitas saat Musim Hujan

Jumat, 16 September 2022 | 06:05 WIB

3 Cara Sederhana Mencegah dan Mengatasi Mata Lelah

Kamis, 15 September 2022 | 06:05 WIB
X