• Kamis, 11 Agustus 2022

Panen Raya, Momentum Positif Ketahanan Pangan Kota Bandung

- Selasa, 17 Mei 2022 | 20:23 WIB
Panen raya padi di Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung. (Humas Pemkot Bandung)
Panen raya padi di Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung. (Humas Pemkot Bandung)

Ada kabar gembira bagi masyarakat Kota Bandung. Panen raya padi di Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung, menghasilkan sekitar 8 ton padi.

Angka tersebut naik dari kisaran 6-7 ton padi yang biasa dipanen. Menggembirakannya lagi, panen raya yang menerapkan pendekatan (treatment) IP400 ini meningkatkan produksi panen.

Jadi, apabila pada biasanya sebuah lahan pertanian hanya bisa ditanam dan dipanen tiga kali dalam setahun, dengan pendekatan ini, para petani bisa menanam dan memanen hingga empat kali.

Asisten Daerah I Bidang Perekonomian Kota Bandung, Eric M Attauriq menyambut positif panen raya ini. Ini bisa menjadi momentum terwujudnya ketahanan pangan di Kota Bandung.

“Hari ini menjadi hari bersejarah. Di tengah bangunan tinggi dan aspal beton, Kota Bandung bisa menggelar panen raya padi,” ucap Eric dalam siaran persnya, Selasa 17 Mei 2022.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Terkendali, Kini Masyarakat Boleh tak Pakai Masker

Berkaca pada keterbatasan lahan pertanian, Pemkot Bandung sebelumnya pernah menggalakkan konsep mandiri pangan melalui Urban Farming dan Buruan Sae.

“Dengan Buruan Sae yang terintegerasi serta gerakan Kang Pisman, kami coba menciptakan kemampuan sendiri untuk memenuhi konsumsi keluarga,” terang Eric.

Ia juga menyambut baik gagasan pendekatan IP400 dalam proses menanam padi. Ia berharap, pendekatan IP400 (atau pendekatan serupa) bisa diaplikasikan di komoditas lain.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Omzet Pasar Kreatif Bandung Tembus Rp6,5 Miliar

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:04 WIB

Pemprov Jabar Dorong Penguatan Lembaga Koperasi

Rabu, 13 Juli 2022 | 22:25 WIB
X