• Senin, 8 Agustus 2022

Jadi Bersih dan Nyaman, Ridwan Kamil Resmikan Pasar Rakyat Ciranjang

- Kamis, 28 April 2022 | 13:12 WIB
 (dok. Humas Jawa Barat)
(dok. Humas Jawa Barat)

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Bupati Cianjur Herman Suherman meresmikan Pasar Rakyat Jabar Juara Ciranjang, Cianjur, Rabu (27/4/2022).

Kepala Disperindag Jabar Iendra Sofyan menyebutkan pasar yang diresmikan itu mampu menampung 150 pedagang pasar lama yang saat ini menghuni lapak sementara, setelah pasar tersebut terbakar Agustus tahun 2020. Setelah direvitalisasi, pasar Rakyat Ciranjang ini tampak lebih bersih dan nyaman.

Namun pasar yang diresmikan itu masih belum mampu menampung seluruh pedagang pasar lama. Sebab total pedagang pasar yang menjadi korban kebakaran mencapai 1.500 orang atau hanya 10 persennya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuturkan bahwa pihaknya akan memprioritaskan penambahan jumlah kios di Pasar Rakyat Ciranjang

"Baru 10 persen,  tapi lahan cukup luas. Saya minta agar menjadi prioritas untuk menambah jumlah kios di Pasar Rakyat Ciranjang ini. Saya nanti yang akan membuat desainnya," ucapnya.

Setelah diresmikan, pedagang pasar menyatakan sudah tidak sabar untuk pindah ke pasar yang lebih nyaman. Seperti pedagang baju Dede Jubaedah, yang mengaku senang akhirnya bisa menjadi bagian dari 150 pedagang pasar yang mendapatkan kios.

"Alhamdulillah akhirnya diresmikan, bisa segera pindah ke lokasi yang lebih nyaman," ujarnya.

Baca Juga: Fakta-fakta Hari Buruh Internasional yang Diperingati di Sejumlah Negara

Pasar terlihat modern. Kios pasar berlantai keramik putih berukuran 40x40 cm, dengan luas 2x2,5 meter. Rollingdoor menjadi jendela penutupnya. Setiap kios memiliki satu lampu penerangan dan colokan/saklar listrik. Dinding juga diplester dan dicat dominan warna putih dan merah.

Sementara lorong-lorong kios juga dikeramik dengan warna abu-abu berpola, anti selip. Disetiap lorong tersedia toilet yang juga bersih dan nyaman. 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil bercengkerama dengan pedagang.  Kehangatan tercipta saat Ridwan Kamil  membagikan tiga buah sepeda.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Jabar Dorong Penguatan Lembaga Koperasi

Rabu, 13 Juli 2022 | 22:25 WIB
X