• Rabu, 7 Desember 2022

Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia Resmi Diluncurkan

- Rabu, 16 Maret 2022 | 15:48 WIB
Presiden Jokowi meluncurkan mobil listrik  IONIQ 5 . (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi meluncurkan mobil listrik IONIQ 5 . (YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia sekaligus meluncurkan mobil listrik IONIQ 5 di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, peluncuran mobil listrik IONIQ 5 merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Sebab, lanjut Jokowi, pemerintah ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil berbahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan.

"Ke depan, kendaraan listrik menjadi moda transportasi utama kita, termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya ibu kota negara Nusantara," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi, Indonesia harus menjadi pemain penting dalam global supply chain di industri mobil listrik. Sebab, kata Jokowi, Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembangan mobil listrik.

"Kita punya nikel, kita punya kobalt sebagai material penting untuk baterai lithium. Bauksit yang bisa diolah menjadi aluminium dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik, serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel di mobil listrik," tandasnya.

Baca Juga: Sambut Kedatangan Pembalap MotoGP, Sandiaga Uno Sajikan Kuliner Indonesia

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, hilirisasi bahan-bahan mentah mineral juga harus dilakukan agar nilai tambahnya meningkat dan memberikan nilai tambah yang optimal.

"Untuk menjadi pemain kunci kendaraan listrik perlu membangun ekosistem yang kuat. Tanpa ekosistem yang kuat di dalam negeri kita akan sulit bersaing dengan negara lain dalam membangun industri mobil listrik," katanya.

Jokowi menegaskan, pemerintah akan terus mendorong peningkatan local content kendaraan listrik dengan memberikan insentif, memangkas berbagai hambatan regulasi sehingga industri hulu dari kendaraan listrik akan terus tumbuh.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk, Ikuti Lomba Inovasi SCBD Berhadiah Rp10 Juta

Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:37 WIB
X