• Sabtu, 26 November 2022

Korea Hibahkan Dana untuk Bangun Fly Over di Bandung

- Senin, 15 Oktober 2018 | 13:15 WIB

Kemacetan di Kota Bandung dalam beberapa tahun ke depan diharapkan berkurang. Sebab, akan ada fly over atau jembatan layang baru di Kota Bandung dari hasil hibah salah satu perusahaan asal Korea Selatan.

Fly over yang akan diberikan antara satu atau dua unit. Itu akan disesuaikan dengan kemampuan perusahaan pemberi hibah dan kondisi di Kota Bandung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan saat ini belum ditentukan secara resmi titik mana saja yang akan dibangun fly over tersebut.

"Ada beberapa pilihan titik untuk pembangunan fly over itu. Kita masih harus membahasnya," kata Arief di Balai Kota Bandung, Senin (15/10/2018).

Lokasi yang dipertimbangkan untuk pembangunan fly over adalah di kawasan Andir, Jalan Ir H Djuanda (Dago)-Dipatiukur, Jalan Pajajaran-Pasirkaliki, Jalan Gatot Soebroto-Laswi, dan Jalan Supratman-Jakarta.

"Dari pihak Korea ini mintanya dua-tiga bulan ke depan sudah bisa dilaksanakan (pembangunan). Kita akan koordinasi dulu dengan semua pihak terkait," ucap Arief.

Jika nantinya fly over itu tuntas dibangun, manfaat besar akan dirasakan masyarakat, khususnya pengguna jalan. "Insya Allah kemacetan bisa tertangani. Fly over ini kan memberikan kemudahan bagi pengendara supaya tidak berhenti karena lampu (traffic light)," tuturnya.

Selain dari Korea Selatan, Kota Bandung juga akan mendapatkan hibah pembangunan dua fly over dari Pemprov Jabar. Hal itu juga diharapkan berdampak positif untuk mengurai kemacetan.

"Titiknya belum ditentukan. Nanti kita bahas juga (hibah dari provinsi) ini sekaligus kita bahas yang hibah dari Korea," jelas Arief.

Halaman:

Editor: Tya Eka Yulianti

Tags

Terkini

Yuk, Ikuti Lomba Inovasi SCBD Berhadiah Rp10 Juta

Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:37 WIB
X