• Sabtu, 26 November 2022

Keren! Bakal Seperti Ini Nih Transport Hub MRT di Dukuh Atas

- Rabu, 3 Oktober 2018 | 15:00 WIB

MRT Jakarta akan hadir menjadi sistem transportasi baru di Ibu Kota. Warga Jakarta ditawarkan gaya hidup baru dalam bermobilitas menggunakan transportasi publik baru ini. Keberadaan Transit Hub di kawasan MRT juga memiliki peran yang penting karena akan mendukung perubahan ini.

Salah satu terobosan yang akan dibuat dari adanya MRT Jakarta ini yaitu pembangunan Transit Hub Dukuh Atas. Nantinya Transit Hub ini akan berfungsi sebagai bangunan yang mampu melayani perpindahan arus pergerakan manusia dan barang bawaannya melalui berbagai moda transportasi darat seperti bus dan kereta api. Karena lokasinya yang berdekatan dengan kereta bandara, kereta komuter, transjakarta, LRT, dan MRT.

Nah, PT MRT Jakarta bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), menyelenggarakan sayembara gagasan desain Transport Hub Kawasan Berorientasi Transit untuk area Dukuh Atas. Sayembara yang diluncurkan Mei 2018 ini telah keluar pemenangnya. Maket desain pemenang pun telah diunggah di akun instagram @mrtjakarta pada Rabu (3/10/2018).

Pemenang sayembara kawasan berorientasi transit (TOD) Dukuh Atas diraih oleh Risa Promida, Cahya Kurniawan, Steven Widyatmadja, Janitra Satriani, dan Arry Abdulrachman W dengan konsep Regreeneration Jakarta. Dalam konsepnya, kawasan Dukuh Atas ditata sedemikian rupa untuk dapat mengutamakan pejalan kaki dan interkoneksi antar moda yang ada di area ini.

Baca juga: Bareng Warga Anies Baswedan Coba Jajal LRT Jakarta

"Kawasan Berorientasi Transit Dukuh Atas ini mungkin adalah yang pertama. Ini sebuah langkah besar yang akan punya dampak jauh ke depan. Saya mengajak semua untuk menempatkan hadirnya MRT Jakarta adalah bagian dari pengembangan budaya Indonesia yang diletakkan dalam konteks pembangunan Indonesia," ujar Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan saat Penganugerahan Pemenang Sayembara di Jakarta pekan lalu.

"Saya berharap tempat ini sebagai pelopor promosi kebiasaan berjalan kaki, termasuk integrasi antarmoda yang menawarkan kenyamanan dan kemudahan akses," tambahnya seperti dikutip dari laman jakartamrt.co.id

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar menyampaikan bahwa PT MRT Jakarta merupakan operator utama pengelola kawasan berorientasi transit fase 1 koridor utara selatan MRT Jakarta, di mana kawasan Dukuh Atas masuk di dalamnya.

"Kami sedang menyusun rencana induk kawasan berorientasi transit di Dukuh Atas, termasuk pengembangan lahan di sekitarnya sebagai transport hub. Sayembara desain gagasan atau konsep ini adalah salah satu pelibatan publik terhadap pengembangan kotanya," kata William.

Foto: Instagram/mrtjakarta

Halaman:

Editor: Nita Hidayati

Tags

Terkini

Yuk, Ikuti Lomba Inovasi SCBD Berhadiah Rp10 Juta

Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:37 WIB
X