• Sabtu, 26 November 2022

Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap Akan Dibangun Tahun Depan

- Senin, 6 Agustus 2018 | 11:25 WIB

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rencananya akan mulai menggenjot pembangunan tol di jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa agar pengembangan wilayah menjadi berimbang. Selama ini, pembangunan hanya berfokus di Pantai Utara (Pantura) saja.

Tahun ini, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mulai menawarkan pembangunan Tol Gedebage (Bandung)–Tasikmalaya–Cilacap untuk dibiayai oleh swasta. Adapun pembangunan ruas tol itu diprakarsai oleh PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Daya Mulia Turangga.

Kepala BPJT Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan bahwa pada bulan lalu sudah mulai dilakukan market sounding, hanya tinggal menunggu waktu pelelangan saja.

Baca juga: Tol Gempol-Pasuruan Diresmikan Mobilitas Pulau Jawa Makin Mudah

Rencananya ruas tol dengan panjang 184 kilometer ini akan menelan investasi sebesar Rp 47,6 triliun. Walaupun pembangunan tol merupakan inisiatif dari badan usaha, tapi pengembalian investasi akan dijamin oleh pemerintah.

Herry juga menjelaskan, dengan panjang 184 kilometer, ia menargetkan tahun depan sudah mulai bisa dibangun, agar target operasi tahun 2023 bisa tercapai.

Selain pembangunan Tol Bandung – Tasikmalaya – Cilacap, pemerintah juga menawarkan pembangunan Tol Semarang-Demak kepada pihak swasta.


Foto ilustrasi dokumen Kementerian PUPR

Halaman:

Editor: Tya Eka Yulianti

Tags

Terkini

Yuk, Ikuti Lomba Inovasi SCBD Berhadiah Rp10 Juta

Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:37 WIB
X