• Rabu, 30 November 2022

Sekolah Dewi Sartika, Sekolah Perempuan Pertama dari Bandung

- Senin, 21 November 2022 | 15:05 WIB
Sekolah Dewi Sartika, sekolah legendaris di Kota Bandung yang merupakan sekolah wanita pertama. (Dok. Humas Kota Bandung)
Sekolah Dewi Sartika, sekolah legendaris di Kota Bandung yang merupakan sekolah wanita pertama. (Dok. Humas Kota Bandung)

BERITABAIK.ID - Sekolah Dewi Sartika, di Jalan Keutamaan Istri, No. 12, Kelurahan Balong Gede, Kecamatan Regol, merupakan sekolah bersejarah di Kota Bandung. Sekolah tersebut merupakan sekolah pertama wanita di Indonesia.

Sekolah yang awalnya bernama Sakola Istri yang didirikan oleh Raden Dewi Sartika, pada 16 Januari 1904, di Paseban Kulon Pendopo Kabupaten Bandung.

Setahun berikutnya, 1905, Dewi Sartika membangun gedung sekolah di tempat yang kini dikenal SD dan SMP Dewi Sartika.

Berbagai sumber menyebut, saat awal didirikan, Sekolah Dewi Sartika hanya memiliki dua ruangan untuk belajar. Muridnya berjumlah dua puluh orang, dengan tiga orang tenaga, yaitu Raden Dewi Sartika, Ibu Purma, dan Ibu Uwit.

Baca Juga: #LihatLebihDekat, Perjuangan Kang Aep Penjual Kerupuk, Ingin Bahagiakan Orang Tua

Kurikulum yang diberikan di sekolah pimpinan Raden Dewi Sartika itu disesuaikan dengan kurikulum Sekolah Kelas Dua (Tweede Klasse Inlandsche School) milik pemerintah, tetapi ditambah dengan mata pelajaran keterampilan, seperti memasak, mencuci, menyetrika, membatik, menjahit, menisik, merenda dan menyulam, yang ada hubungannya dengan kepentingan rumah tangga.

Selain itu diajarkan pula pelajaran agama, kesehatan, bahasa Melayu dan bahasa Belanda. Pelajaran-pelajaran tersebut tidak hanya diberikan secara teori, tetapi diberikan juga dalam bentuk praktik.

Sampai sekarang SD dan SMP Dewi Sartika tetap melakukan proses belajar mengajarnya di gedung bersejarah itu.

Kondisi Sekolah Dewi Sartika hari ini digambarkan oleh Humas Kota Bandung: ada puluhan pelajar SD dan SMP Dewi Sartika antusias mengikuti pelajaran di ruangan sejuk dengan langit-langit tinggi dan jendela ram kawat.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simpelman Hadir Permudah Layanan Pemakaman Kota Bandung

Selasa, 29 November 2022 | 18:35 WIB

Ridwan Kamil Hibur Anak-anak Terdampak Gempa Cianjur

Minggu, 27 November 2022 | 16:18 WIB
X