Inovasi Mahasiswa ITS Cegah Pencemaran Sungai dengan Sekam Padi

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:35 WIB
Mahasiswa ITS cegah pencemaran sungai dengan media sekam padi. (Dok. Humas ITS)
Mahasiswa ITS cegah pencemaran sungai dengan media sekam padi. (Dok. Humas ITS)

 

BERITABAIK.ID - Inovasi kembali datang dari Mahasiswa ITS. Mereka menggagas ide pemanfaatan sekam padi sebagai upaya pengendalian pencemaran air di sungai Kalimas.

Ketua tim, Muhammad Habib Tanwirul Ulum Habib menyatakan bahwa sungai Kalimas memiliki kandungan kromium (VI) yang melebihi batas ambang maksimum. Padahal menurut Habib, kadar maksimum kandungan kromium (VI) di dalam air yang diperbolehkan sesuai aturan pemerintah  adalah 0,05 miligram per liter.

“Logam kromium (VI) sangat berbahaya apabila masuk ke tubuh karena dapat menyebabkan kanker,” tuturnya.

Baca Juga: #BelakangDapur: Icip-icip Pisang Goreng Nikmat ala Dapur Desy

Setelah itu, ia dan timnya melakukan penelitian terkait penjernihan air sungai Kalimas. Sungai Kalimas dipilih karena merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar sekaligus termasuk salah satu ikon kota Surabaya.

Setelah melakukan studi literatur terhadap penelitian terdahulu, ia dan tim memutuskan menggunakan sekam padi yang dikeringkan lalu dicampur dengan asam klorida dan natrium hidroksida untuk menjernihkan air. 

Mahasiswa Departemen Teknik Kimia ini menuturkan bahwa sekam padi dipilih karena memiliki kandungan selulosa yang tinggi, yakni sebesar 35%. Kandungan ini, menurutnya diperlukan untuk mengadsorpsi kromium (VI) agar tidak beracun. 

“Untuk dapat mengikat logam kromium (VI), sekam padi harus diaktivasi dulu,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Bandung Sambut Hari Raya Imlek dengan Toleransi

Kamis, 19 Januari 2023 | 13:40 WIB
X