bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Wajah baru pedestrian di sepanjang Jalan HZ Mustofa, Tasikmalaya.

Seperti Malioboro, Yuk Intip Wajah Baru Jalan HZ Mustofa Tasikmalaya!

 

BERITABAIK.ID - Ada yang beda dari tampilan Jalan HZ Mustofa, dekat Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Kini, jalan tersebut tampak cantik dan rapi.

Suasana pedestrian di jalan tersebut mengingatkan kita pada suasana khas di wilayah Malioboro, Yogyakarta.

Trotoar jalan ini dilebarkan, sehingga bisa menampung lebih banyak pejalan kaki. Kecantikan wilayah ini menyita perhatian masyarakat.

Selain itu, ada dua ornamen yang mencuri perhatian di jalur pedestrian ini. Yaitu dua tempat duduk yang disebut kelom geulis dan payung emas dengan bentuk kuncup emas.

Keduanya menjadi tempat favorit bagi masyarakat yang hendak berfoto. Juga tiang lampu yang ada di sepanjang pedestrian yang mengingatkan kita pada suasana Malioboro.

Baca Juga: Serbu, #KebiasaanBaik Warga Kelurahan Wates yang Patut Ditiru

Melansir dari berbagai sumber, kelom dan payung geulis itu merupakan replika produk UMKM khas Tasikmalaya.

Payung berwarna emas itu berbentuk kuncup dan posisinya tidak terbuka, dan apabila dibuka, fungsinya bisa menjadi peneduh.

Tiang lampu itu memiliki fungsi utama sebagai tiang lampu penerangan. Proses pembuatan oranamen itu telah dilakukan sekitar tahun 2016, dan kini telah diperbanyak di sepanjang Jalan HZ Mustofa.

Penataan pedestrian di wilayah Jalan HZ Tasikmalaya ini juga menjadikan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan tersebut menjadi lebih tertata. Selain PKL, titik parkir di wilayah ini menjadi lebih tertata.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Pemkot Tasikmalaya menata ulang pedestrian di kawasan ini.

Lewat unggahan di Instagramnya, Emil sapaan akrabnya menyampaikan dua jempol untuk keberpihakan Pemkot Tasikmalaya terhadap pejalan kaki.

“Sebuah semangat yang harys ditiru Kota dan Kabupaten lain di Jawa Barat, juga Indonesia,” tulisnya dalam keterangan unggahan di akun @ridwankamil.

Emil menyebut, jika pejalan kaki nyaman, kegiatan ekonomi di wilayah tersebut pun bisa meningkat.

“Nongkrong lebih lama, belanja lebih banyak, dan kegiatan ekonomi meningkat. Selamat naik kelas untuk masyarakat Kota Tasikmalaya,” tandasnya.

Baca Juga: Pisang Hingga Jahe, Coba Makanan ini Saat Asam Lambung Menyerangmu

TemanBaik, adakah di antara kamu yang sudah melintas dan melihat wajah baru Kota Tasikmalaya?

Jika ada, jangan lupa abadikan momen terbaikmu, supaya lebih banyak yang tahu keindahan kota ini, ya! *** 

Editor : Marshal Deru Bumi

Ini Dia Alternatif iPhone 14 Khusus Buat Kamu

Pisang hingga Jahe, Coba Makanan Ini saat Asam Lambung Menyerangmu