bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Selama 37 tahun, Andri Efendi hanya bisa terbaring karena menderita radang otak.

Nestapa Andri Efendi, 37 Tahun Hanya Bisa Terbaring Lemah

BERITABAIK.ID - Nasib kurang beruntung menimpa Andri Efendi. Selama 37 tahun, warga Kelurahan Wates, Kecamatan Bandung Kidul itu hanya bisa terbaring. 

Andri adalah anak bungsu dari empat bersaudara. Meski memiliki kekurangan, kasih sayang kedua orangtuanya terus mengalir kepada Andri.

"Kalau bisa duduk, kita juga mau punya kursi roda untuk Andri. Ya harus sabar saja, mungkin memang nasibnya seperti ini," ujar Juhariah, ibunda Andri, Senin (10/10/2022).

Dalam siaran pers yang diterima dari Humas Kota Bandung disebutkan, sejak bayi Andri belum pernah mendapatkan penanganan medis yang mumpuni. Semua upaya sederhana hanya dilakukan di rumah.

Baca Juga: Brighter Days, Tur Musik dengan Konsep Unik Ramah Lingkungan

"Pernah kita bawa ke Rancabadak. Kata dokter, Andri kena radang otak. Sudah dikasih obat, tapi tidak ada perubahan," kata Juhariah.

Hal serupa juga disampaikan sang ayah, Ikip Efendi. Ia mengatakan, sejak lahir kondisi anaknya sudah seperti ini. Tidak ada perkembangan apapun.

"Tidak bisa keluar rumah, ya seperti ini saja terus," kata Ikip.

Untuk memenuhi kebutuhan dan pengobatan Andri, sehari-hari Ikip bekerja menjadi pengangkut sampah. Ia merasa sangat bersyukur banyak orang yang ikut membantu dan mendoakan Andri.

Baca Juga: 10 Oktober Hari Kesehatan Mental Sedunia, Simak Tema dan Sejarahnya!

Ketua TP PKK Kota Bandung Yunimar Mulyana berkesempatan mengunjungi Andri seusai memberikan bantuan sembako kepada warga lansia dan duafa di Kelurahan Wates.

Dalam kunjungannya, Yunimar beserta Baznas menyalurkan bantuan biaya kesehatan kepada Andri sebesar Rp5 juta.

"Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa meringankan beban Andri dan keluarga," harap Yunimar.

Baca Juga: Bosan Terjebak Macet di Jalan Raya? Coba Lakukan 4 Hal Ini

"Kami mendukung kegiatan Baznas. Semoga ke depannya lebih banyak yang bisa kita bantu lagi," imbuhnya. 

Ikip pun menyampaikan terima kasih atas kedatangan Yunimar. Menurut dia, baru kali ini ia dikunjungi langsung oleh istri Wali Kota Bandung.

"Terima kasih bu wali dan semua pejabat lainnya yang sudah membantu. Kami juga sering kebagian bantuan beras. Alhamdulillah BLT juga kemarin dapat," akunya. ***

 

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Debut EP ‘Kaqotun’ dari Sillas Kini Sudah Meluncur Paripurna

Brighter Days, Tur Musik dengan Konsep Unik Ramah Lingkungan