bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
#AksiBaik pemuda Kota Bandung melaksanakan kegiatan bersih-bersih di sekitar ruas jalan di Kota Bandung.

#AksiBaik Pemuda Kota Bandung Bersihkan Jalan dan Perangi Vandalisme

 

BERITABAIK.ID - #AksiBaik kali ini datang dari gerakan Pepeling (Pemuda Pecinta Lingkungan) Kota Bandung. Mereka bikin gerakan bersih-bersih di ruas jalan Kota Bandung.

Buat kamu yang belum tahu, beberapa waktu ke belakang, Kota Bandung sedang diresahkan oleh aksi vandalisme yang merusak keindahan kota.

Nah, gerakan Pepeling ini bertujuan mengembalikan keindahan kota yang biasa kita dapatkan saat berkunjung ke Bandung.

Ketua KNPI Kota Bandung Edwin Khadafi menyebut gerakan ini merupakan aksi pemuda Kota Bandung dalam memerangi vandalisme.

Lebih lanjut, ia juga menyebut Organisasi Kepemudaan Pancasila (OKP) yang ada di Kota Bandung tak hanya membersihkan saja, namun juga telah berkomitmen untuk sama-sama menjaga kota ini dari aksi vandalisme. 

“Kita edukasi seluruh anggota OKP. Kita beri pemahaman juga bahwa Bandung bukan hanya tempat kita beraktivitas atau bekerja, namun juga rumah kita. Nah, kalau sudah menjadi rumah, artinya perlu sama-sama kita jaga,” ucap Edwin, Sabtu (8/10/2022).

Baca Juga: Ingin Liburan Hemat Tapi Menyenangkan? Ikuti 8 Tips Berikut Ini

Kegiatan ini diikuti sekitar 130 orang anggota OKP. Selain itu, hadir juga sejumlah personel dari kewilayahan seperti kecamatan dan kelurahan.

Ratusan orang turun ke jalan membersihkan ruas-ruas jalan seperti di Jalan Asia Afrika, Jalan Otista, dan Jalan Sudirman Kota Bandung dari noda vandalisme.

Selain itu, para suka relawan juga melakukan pengecatan pada kerb jalan, dan juga membersihkan trotoar jalan supaya para pejalan kaki merasa nyaman.

#AksiBaik ini merupakan inisiasi DPD KNPI Kota Bandung yang disambut baik oleh masyarakat Kota Bandung dan Pemerintah Kota Bandung.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Awas! Hindari Parkir Kendaraan di Bawah Pohon

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Asep Saeful Gufron yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menghaturkan terima kasih atas inisiasi positif dari pemuda Kota Bandung dalam menghadirkan kenyamanan dan keindahan di kota ini.

Dengan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, ia optimis masalah keindahan kota yang saat ini terganggu oleh aksi vandalisme dapat tertangani dalam waktu sesingkat-singkatnya.

“Kalau mendapat dukungan dari masyarakat, saya pikir tidak perlu berbulan-bulan (menangani masalah vandalisme), dalam hitungan minggu pun bisa kita selesaikan,” ucapnya.

Baca Juga: Peduli Kesehatan Mental, Mahasiswa UGM Buat Jam Tangan Pendeteksi Stres

Sementara itu Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga keindahan, kenyamanan, serta ketertiban di Kota Bandung.

Terinspirasi dari tanggal 12 Rabiul Awal 1444 Hijriah, yang jatuh di hari ini, 8 Oktober 2022, Tedy menyebut gerakan ini sebagai implementasi ajaran Nabi Muhammad SAW.

“Semoga kegiatan semacam ini bisa kita laksanakan lagi sepenuh hati. Sebab kalau bukan oleh kita, oleh siapa lagi? Kalau bukan sekarang, mau kapan?” ucapnya. ***

Editor : Marshal Deru Bumi

Hangat dan Bergizi, Santapan Ini Cocok Temani Musim Hujanmu!

Ingin Liburan Hemat Tapi Menyenangkan? Ikuti 8 Tips Berikut Ini