• Selasa, 27 September 2022

Mi Tebak, Mi Berbahan Tempe Racikan Dua Mahasiswi Universitas Surabaya

- Minggu, 18 September 2022 | 10:50 WIB
Victoria Diana Indah Lestari dan Audrey Layana Tjahyadi. Dua mahasiswi UBAYA peracik Mi Tebak, mi berbahan dasar tempe. (Istimewa/Dok. Universitas Surabaya)
Victoria Diana Indah Lestari dan Audrey Layana Tjahyadi. Dua mahasiswi UBAYA peracik Mi Tebak, mi berbahan dasar tempe. (Istimewa/Dok. Universitas Surabaya)

 

BERITABAIK.ID - Dua mahasiswi Universitas Surabaya (Ubaya) bikin inovasi yang unik. Mereka membuat Mi Tebak sebagai alternatif produk mi dari bahan tempe.

Keduanya adalah Victoria Diana Indah Lestari dan Audrey Layana Tjahyadi. Mereka adalah mahasiswi Program Bionutrisi dan Inovasi Pangan Fakultas Teknobiologi UBAYA.

Mereka mengaku ide pembuatan mi dari tempe ini terinspirasi dari tingginya tingkat konsumsi mi di kalangan masyarakat Indonesia.

Untuk diketahui, data dari World Instant Noodles Association (WINA) menunjukkan Indonesia menjadi negara ke-2 terbesar tingkat konsumsi mie instan di dunia.

“Kami berdua juga suka makan mie. Oleh sebab itu, kami ingin membuat mie dari tempe dan daun sengkubak yang tinggi protein supaya lebih bergizi,” ujar Victoria selaku ketua tim dalam utas Twitter @UbayaOfficial.

Baca Juga: Wisata Naik Sepeda Motor Listrik, Ridwan Kamil Jajal Rute Ciwidey

Tempe dipilih menjadi bahan utama pembuatan mi karena bahan pangan ini memiliki protein tinggi. Sebagai informasi, berdasarkan tabel komposisi pangan Indonesia tahun 2017, kadar protein tempe kedelai murni mentah adalah sebesar 20,8 gram per 100 gram.

Victoria menambahkan, protein tinggi didapatkan dari pengolahan tempe menjadi tepung komposit. Selain itu, ada cita rasa gurih yang didapatkan di mi tersebut. 

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tukar Sampah Jadi Berkah di Acara Great Bandung

Sabtu, 24 September 2022 | 17:20 WIB

Boseh Bike Kini Hadir di Kawasan Summarecon Bandung

Jumat, 23 September 2022 | 12:15 WIB

Ridwan Kamil Bantu Keluarga Yatim di Kota Bekasi

Rabu, 21 September 2022 | 06:00 WIB
X