bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Salah satu gang di Jalan Sukabumi Dalam bernama Gang Honda.

Unik, di Kota Bandung Ada 14 Nama Gang dari Merek Kendaraan Terkenal

BERITABAIK.ID - Ada yang unik di Jalan Sukabumi Dalam Kelurahan Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Di sana, terdapat 14 gang yang namanya diambil dari merek kendaraan terkenal.

Nama-nama gang itu masing-masing Yamaha, Suzuki, Honda, Kawasaki, Fiat, Impala, Holden, Mercy, Daihatsu, Harley, Lambreta, Moris, Opel, dan Mercedes.

Ketua RW 06, Jalan Sukabumi Dalam, Kelurahan Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung Nandang Syaripudin menjelaskan awal munculnya nama-nama gang tersebut.

Menurut Nandang, penamaan gang menggunakan merek kendaraan tersohor itu sudah berlangsung puluhan tahun.

Namun, dia mengaku tak tahu pasti sejarah detail penamaan gang tersebut.

Hanya saja, kata dia, di kawasan tersebut dulu ada bengkel mercy. Kemungkinan, nama-nama gang tersebut terinspirasi dari bengkel tersebut.

Baca Juga: Ridwan Kamil Luncurkan Aplikasi Tryout CASN Juara

"Itu dari tokoh-tokoh kami sekitar tahun 1980-an. Jadi tercatat 14 Gang nama kendaraan," ujar Nandang, saat ditemui Beritabaik.id, di Gang Harley.

Nandang menjelaskan, penamaan gang itu dengan merek kendaraan terkenal sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan royalti atau sponsor.

"Cuma dulunya di Jalan Sukabumi Dalam itu ada nama bengkel-bengkel Mercy. Entah terinspirasi dari sana atau gimana, saya juga tidak tahu," ucapnya.

Lebih lanjut Nandang mengatakan, penamaan merek mobil pada gang tersebut membawa berkah bagi warga-warga sekitar. Sebab, kata dia, saat ada tamu yang datang, nama gang tersebut mudah diingat.

"Saya merasa bangga tinggal di sini dengan nama-nama kendaraan, dan orang lain pun mengganggap Jalan ini sangat unik. Warga juga senang dengan nama jalan-jalan tersebut," ujarnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Durian bagi Kesehatan Bila tak Dikonsumsi Berlebihan

Dia menyebutkan, sejumlah tokoh-tokoh yang ada Jalan Sukabumi Dalam tentu bangga. Nama-nama yang mereka sematkan pada gang, kini jadi terkenal dan mudah diingat orang.

"Tidak seperti nama-nama daerah lain, misalnya, nama burung, kembang, gamelan, binatang, kebetulan yang lebih istimewa di kita itu dinamakan merek-merek kendaraan," paparnya.

Nandang kemudian berkelakar seandainya ada orang yang mengaku dari Honda datang ke daerah tersebut dan menanyakan keberadaan nama Gang Honda.

Menurut dia, orang tersebut justru harus berterima kasih kepada warga yang memberi nama-nama gang tersebut.

"Siapa tahu ke depannya bisa memberi royalty. Selain itu juga, saya tidak terlalu senang dengan otomotif, walaupun nama gang ini merek-merek kendaraan. Saya merasa bangga," tambahnya. ***

Editor : Okky Adiana

Cara Mudah dan Paling Efektif Lindungi Mata dari Radiasi Layar Monitor

Ridwan Kamil Luncurkan Aplikasi Tryout CASN Juara