bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Jabar Quick Response (JQR) menggelar diskusi panel dengan tema Ruang untuk ODHA, Jumat (2/9/2022).

Kupas Masalah HIV/AIDS di Jabar, JQR Gelar Diskusi 'Ruang untuk ODHA'

BERITABAIK.ID - Jabar Quick Response (JQR) menggelar diskusi panel dengan tema 'Ruang untuk ODHA' secara offline dan online, Jumat (2/9/2022).

Manajer Media Data dan Informasi JQR Aditya Asanggaputra mengatakan, permasalahan HIV/AIDS di Jawa Barat saat ini menjadi topik utama dalam perbincangan media.

Isu terkait jumlah penderita dan sebaran HIV/AIDS di masyarakat menimbulkan pro dan kontra sehingga dibutuhkan informasi yang akurat dari pemangku kebijakan agar masyarakat teredukasi dengan baik.

“Banyak informasi yang beredar di masyarakat tidak sesuai dengan fakta yang ada sehingga dapat memicu terjadinya stigma dan diskriminasi apabila informasi ini tidak direspons dengan cepat,” kata Aditya, dalam siaran persnya.

Baca Juga: 15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Menurut Adit, selama ini JQR telah ikut berperan dalam penanganan dalam isu HIV/AIDS.

Salah satunya adalah advokasi dan pendampingan kesehatan. JQR juga menjadi penghubung antara masyarakat, komunitas HIV/AIDS dengan pemerintah.

"Lainnya kita membantu life support mereka, seperti masalah sosial dan pendidikan," ujarnya.

Adit mengatakan, beberapa program dan kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh Pemprov Jabar tentunya harus menjadi acuan dalam mengupayakan program HIV AIDS di Jawa Barat agar penanganan masalah HIV AIDS ini dapat berjalan selaras.

Baca Juga: Aksi Baik Mahasiswa UGM Peduli ODGJ lewat Terapi Seni Kriya Makrame

“Orang dengan HIV/AIDS tidak hanya menghadapi permasalahan kesehatan saja akan tetapi menghadapi masalah sosial, pendidikan, kebudayaan, pekerjaan dan sebagainya sehingga dibutuhkan komitmen bersama dan kolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut,” ucapnya.

Sebagai catatan, diskusi ini melibatkan pembicara dari unsur pemerintah, masyarakat dan komunitas ODHA di Jawa Barat.

Diharapkan, masyarakat mendapatkan informasi akurat dan tepercaya terkait dengan kebijakan penanganan HIV AIDS di Jawa Barat.

Baca Juga: Para Delegasi U20 Nikmati Kuliner Khas Jawa Barat

Pembicara yang mengisi diskusi antara lain Aditia Taslim (Aktivis HIV AIDS), Ayu Oktariani (Koordinator Nasional Ikatan Perempuan Positif Indonesia) dan Yana Suryana (Jabar Quick Response).

Kemudian dr. Ryan B. Ristandi, Sp.PK., MMRS (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat) dan dr. H. Dodo Suhendar, M.M (Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat).

Diskusi ini juga bekerja sama dengan Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat (ADPIM) dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat (Diskominfo) dibungkus dalam acara Temu Pimpinan untuk Aspirasi Masyarakat (Tepas).***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Ini Dia Rangkaian Kegiatan Hari Jadi ke-212 Kota Bandung

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'