bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
STMM dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) STMM mengunjungi Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung.

STMM Yogyakarta-UM Bandung, Jalin Kerja Sama Sertifikasi Bidang Komunikasi

BERITABAIK.ID - Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (STMM) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) STMM mengunjungi Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung.

Selain silaturahmi, kunjungan yang terpusat di ruang rapat ini juga dilakukan terkait penandatanganan perjanjian kerja sama antara STMM, LSP STMM, UM Bandung, serta Fakultas Sosial dan Humaniora UM Bandung.

"Kunjungan ke UM Bandung merupakan silaturahmi sekaligus menjalin kerja sama kedua kampus dalam sertifikasi bidang komunikasi dan penyiaran," ujar Ketua STMM Noor Iza, dalam siaran persnya, Selasa (30/8/2022).

"Para mahasiswa UM Bandung nanti bisa ikut sertifikasi profesi sesuai dengan Standar Kompetensi Nasional Indonesia (SKNI),” tambahnya.

Dia mengatakan, STMM akan melaporkan hasil sertifikasi mahasiswa ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Baca Juga: Keren, Mahasiswa ITB Raih 2 Medali Emas pada Ajang Skate Asia 2022

”Jadi, untuk sertifikatnya nanti akan betul-betul resmi, mulai dari penomoran sertifikat dan sebagainya,” jelasnya.

Noor menambahkan, sertifikasi profesi bisa menjadi nilai tambah bagi mahasiswa setelah lulus. Sertifikasi penting sekali, karena menjadi bagian yang melekat dari para mahasiswa.

”Karena dunia kerja sekarang menuntut adanya sertifikasi tambahan seperti surat keterangan pendamping ijazah,” tutur Noor.

Noor berpesan, meski para mahasiswa sudah mendapatkan sertifikat, mereka perlu untuk terus-menerus mengembangkan potensi keahliannya dengan baik.

Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora UM Bandung Nanang Rizali sangat bersyukur atas penandatanganan kerja sama dengan STMM.

Baca Juga: Makam Lemo Toraja, Lebih Tinggi Lokasi, Makin Dekat dengan Tuhan

Nanang mengatakan, nantinya pelaksanaan sertifikasi profesi bisa juga mengikutsertakan mahasiswa yang sudah jadi alumni.

”Pelaksanaannya nanti itu mulai tanggal 12-13 September dan para lulusan akan dibuatkan semacam penataran,” ungkap Nanang.

Selain itu, Nanang menjelaskan, nantinya STMM Yogjakarta akan menjadi asesor sebagai perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dalam sertifikasi.

Ke depannya Nanang berharap, kedua kampus bisa menggarap bidang kerja sama lain untuk meningkatkan kemampuan para lulusan.

Selain Warek II UM Bandung Ahmad Diponegoro Ketua STMM Noor Iza, Direktur LSP STMM Kusumo Gambriyanto, dan Dekan Sosial dan Humaniora Nanang Rizali, dalam pertemuan hadir juga Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dra Euis Evi Puspitasari serta Kepala Bagian Kerja Sama dan Hubungan Internasional Jamhur. ***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Genting Pintar Berbasis Teknologi, Terobosan Baru Mahasiswa UGM

Keren, Mahasiswa ITB Raih 2 Medali Emas pada Ajang Skate Asia 2022