bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2022.

Mengenal 7 Bangunan Cagar Budaya Baru di Bandung, Sudah Pernah Lihat Belum?

 

BERITABAIK.ID - TemanBaik, tahu enggak? Sekarang Kota Bandung punya tujuh bangunan cagar budaya baru loh!

Hal itu ditetapkan pada acara Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung, Senin (29/8/2022) malam.

Bangunan apa dan ada di mana saja ya yang mendapat anugerah cagar budaya ini? Simak ulasannya yuk!

1. Rumah keluarga Raisis Arifin Panigoro

Rumah tinggal keluarga Rasis ini terletak di Jalan Kyai Luhur No 6 Bandung. Rumah ini ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya Kota Bandung.

Alasannya, pemilik rumah memiliki kesadaran yang kuat akan pentingnya sejarah dan pelestarian warisan budaya, serta memiliki komitmen untuk melaksanakannya.

Baca Juga: Monik, Melawan Diskriminasi lewat Medali Emas Angkat Berat

2. Rumah tinggal Pusparita Tedja

Sama dengan Keluarga Raisis Arifin Panigoro, rumah tinggal yang terletak di Jalan Saritem Nomor 85 Kota Bandung ini juga ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya Kota Bandung.

Pemilik rumah memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga nilai sejarah tinggi dalam bangunan tersebut.

Kedua lokasi tersebut dianggap masih mempertahankan konsep rumah tanpa pagar dengan lahan atau pekarangan di depan. Konsep ini merupakan konsep awal didirikan bangunan tersebut.

3. Bala Keselamatan

Bangunan cagar budaya selanjutnya yakmi Bala Keselamatan. Letaknya di Jalan Jawa Nomor 20 Bandung.

Bangunan ini mendapat anugerah cagar budaya karena menjadi bagian penting dalam menjaga sejarah keberadaan institusi tersebut beserta nilai-nilai yang dianutnya.

Baca Juga: Cerita Kang Iman, Bermain Gitar dan Tenis Meja di Tengah Keterbatasan

4. Mont Clar

Rumah tinggal yang terletak di Jalan Ir H Juanda No 113 Bandung ini dipilih menerima Anugerah Cagar Budaya karena pemiliknya meskipun tidak memiliki keterkaitan sejarah personal ataupun kelembagaan secara langsung pada bangunan cagar budaya yang dikelola.

5. Keuken van Elsje

Kafe ini terletak di Jalan Buton No 11 Bandung. Penekanan pada aspek kesejarahan pemilik rumah, khususnya resep masakan khas keluarga, menjadi daya jual yang memperkuat adaptasi fungsi rumah tinggal menjadi sebuah kafe yang tetap mempertahankan keaslian fisik bangunannya.

Meski terdapat beberapa modifikasi ruang dalam dan bagian luar, namun modifikasi itu dilakukan dengan penuh pemahaman pada konsep perancangan asli rumah.

6. Klinik Pratama Advent

Klinik Pratama Advent terletak di Jalan Tamansari No 40 Bandung. Bangunan ini dikisahkan menjadi cikal bakal Rumah Sakit Advent yang kita kenal sampai saat ini.

Baca Juga: 'Festival Kuliner Keuken' Berpotensi Tembus Ajang Internasional

Sebelum berpindah ke Jalan Cihampelas, bangunan ini lah yang menjadi lokasi Rumah Sakit Advent.

Setelah sempat menjadi mes, kemudian fungsi bangunan ini diubah menjadi Klinik Pratama dan telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

7. Bumi Sangkuriang dan Hotel Concordia

Bangunan yang terletak di Jalan Kiputih No. 12 Bandung ini lekat dengan aktivitas seni pertunjukkan seperti pameran atau pertunjukan musik.

Sama dengan Bala Keselamatan, bangunan ini ini mendapat anugerah cagar budaya karena menjadi bagian penting dalam menjaga sejarah keberadaan institusi tersebut beserta nilai-nilai yang dianutnya.

Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2022 diberikan langsung oleh Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Dia berpesan kepada para penerima anugerah agar senantiasa menjaga nilai tinggi dari bangunan cagar budaya yang telah ditetapkan.

“Melestarikan cagar budaya bukan hanya bangunannya, tetapi juga nilai budaya yang melingkupi bangunan tersebut,” ucap Yana.

Baca Juga: Pemkot Bandung Siapkan Desain Penataan PKL Monumen Perjuangan

Sementara itu Ketua Dewan Juri Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2022 Aji Bimarsono berharap, pemberian apresiasi ini dapat meningkatkan upaya pelestarian nilai tinggi dari gedung bersejarah di Kota Bandung.

“Dewan juri berharap, bahwa kegiatan Anugerah Cagar Budaya ini dapat memberikan contoh-contoh yang dapat ditiru, dikembangkan lebih baik dan menjadi motivasi untuk meningkatkan upaya pelestarian cagar budaya di Kota Bandung,” ucap Aji.

Sebagai informasi pula, ketujuh bangunan tadi dibagi menjadi lima kategori penerima Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung, masing-masing:

Kategori Pelindungan I (Rumah Tinggal), Kategori Pelindungan II (Bangunan Umum), Kategori Pemanfaatan I (Adaptasi Fungsi Rumah Tinggal Menjadi Fungsi Komersial), Kategori Pemanfaatan II (Adaptasi Fungsi Rumah Tinggal Menjadi Fungsi Sosial), serta Kategori Pengembangan.

Bagaimana, TemanBaik? Dari tujuh bangunan cagar budaya di Kota Bandung tadi, adakah yang pernah kamu kunjungi?***

 

 

Editor : Marshal Deru Bumi

Pemkot Bandung Tambah Kolam Retensi, Kali Ini Ada di Jalan Bima

Monik, Melawan Diskriminasi lewat Medali Emas Angkat Berat