• Kamis, 8 Desember 2022

Mencanting Batik hingga Paduan Suara, UI Catatkan Dua Rekor Dunia

- Sabtu, 27 Agustus 2022 | 23:48 WIB
Paduan suara mahasiswa baru Universitas Indonesia.  (Foto: Dokumentasi Universitas Indonesia)
Paduan suara mahasiswa baru Universitas Indonesia. (Foto: Dokumentasi Universitas Indonesia)

BERITABAIK.ID - Acara puncak Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UI mendapat rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) kategori “Mencanting Batik oleh Mahasiswa Baru Terbanyak” dan “Paduan Suara Mahasiswa Baru Terbanyak”.

Kegiatan membatik dan paduan suara tersebut digelar di Lapangan Rotunda, Kampus UI dan melibatkan 9.273 mahasiswa baru Universitas Indonesia.

Atas capaian tersebut, Rektor Universitas Indonesia Prof Ari Kuncoro menyebut UI sebagai miniatur Indonesia, karena mahasiswa UI berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan ragam budaya masing-masing.

“Pemecahan prestasi superlatif karsa dan karya anak bangsa pagi hari ini adalah bukti otentik bahwa Universitas Indonesia, sesuai dengan visinya, adalah pusat unggulan bukan hanya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, melainkan juga di bidang kebudayaan,” ujarnya.

Selain keberhasilan beradaptasi menyelenggarakan acara secara luring, ia menyebut torehan rekor ini merupakan penanda UI merupakan kampus yang rukun dan menjunjung kesatuan di tengah perbedaan.

Baca Juga: Berdialog Bahasa Sunda, Film Before Now and Then (Nana) Pecahkan Rekor Muri

Sesuai dengan tema PKKMB UI 2022 yaitu Satu Karena Beda, terdapat gambar makara, rektorat, danau, yang melambangkan ciri khas dari UI yang menjadi motif batik yang dilukis oleh 9.273 mahasiswa baru.

Dalam kesempatan yang sama, Pendiri Museum Rekor Indonesia Jaya Suparna mengapresiasi capaian tersebut.

Dia menyebut apa yang dilakukan oleh UI merupakan pemecahan rekor yang paling mengesankan, membanggakan, menakjubkan, dan mengharukan.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bangga! Anak Muda Kota Bandung Juara Bahasa Ibu

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:10 WIB

Catat! Ada Bursa Kerja Disabilitas 3 Desember Nanti

Rabu, 30 November 2022 | 16:00 WIB

E-Penting, Langkah Cepat untuk Intervensi Stunting

Rabu, 30 November 2022 | 15:04 WIB
X