bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Monumen Perajin Bendera Merah Putih di Desa Leles, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.

Monumen Perajin Bendera Merah Putih di Garut Kuatkan Identitas Wilayah

BERITABAIK.ID - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Monumen Perajin Bendera Merah Putih di Desa Leles, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Senin (22/8/2022).

Monumen ini diinisiasi Kapolres Garut ini dan berdiri megah di desa yang dikenal se-Nusantara sebagai desa perajin bendera Merah Putih.

"(Monumen) ini diinisiasi oleh Kapolres Garut yang didukung oleh Bupati Garut dan Gubernur Jabar," kata Ridwan Kamil dalam keterangan persnya.

Leles merupakan daerah yang dikenal sejak puluhan tahun sebagai sentra perajin bendera Merah Putih.

Baca Juga: 'Bermain Rintik di Musim Hujan', Kolaborasi Ciamik HIVI! Bareng 3 Musisi

Sebagian besar warga Leles merupakan perajin bendera. Omzet mereka meningkat tajam ketika memasuki peringatan Kemerdekaan RI. Pemesannya tak hanya warga Jabar, melainkan hingga seluruh pelosok negeri.

Ridwan Kamil berharap, diresmikannya Monumen Perajin Bendera Merah Putih yang menjadi kebanggaan Indonesia ini semakin menguatkan identitas wilayah. Dampaknya perekonomian warga bisa meningkat.

"Ini kebanggaan, kita viralkan, sehingga pascapandemi ini UMKM Leles yang fokus di bendera bangkit dan mengharumkan nama Garut, Jabar ke seluruh Nusantara," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil memberikan masukan kepada para perajin bendera Merah Putih Leles.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Anak Muda Harus Mampu Adaptasi Era Digital

Selain memproduksi bendera, perajin juga disarankan membuat produk kerajinan lain, tapi tetap dengan nuansa Merah Putih.

Dia mencontohkan, produk suvenir khas Garut lainnya, tapi ada benderanya ataupun warnanya Merah Putih.

"Buat perajin jangan fokus hanya bendera, bikin misalkan suvenir Garut, tapi ada benderanya. Jadi Merah Putihnya diterjemahkan ke semua produk kerajinan dengan warna Merah Putih," tuturnya.

Dengan begitu, pasar akan semakin luas tanpa menghilangkan identitas produk khas dari Kecamatan Leles.

Baca Juga: Hasil Jagung Sindangbarang Cianjur Mampu Dijual hingga Jateng dan Jatim

"Pasarnya akan lebih luas. Pokoknya semua yang tema Merah Putih harus teridentikkan dengan Kecamatan Leles," usul Ridwan Kamil.

Di sela peresmian monumen, Ridwan Kamil sempat bertemu keluarga dari perajin bendera Merah Putih Leles yang meninggal dunia saat berjualan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia pun bersama Kapolda Jabar menyerahkan tali asih sebagai rasa dukacita.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Hebatnya Mimpi ‘Cincau Goes to Europe’ ala Mr Nanang

'Bermain Rintik di Musim Hujan', Kolaborasi Ciamik HIVI! Bareng 3 Musisi