bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Program Buruan Sae Kota Bandung mendapat sorotan dunia internasional.

Keren! Program 'Buruan Sae' Jadi Sorotan Mata Internasional

BERITABAIK.ID - Program Buruan Sae dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di Kota Bandung mendapat sorotan mata internasional.

Hal ini tercetus dalam acara Urban 20 (U20) yang mengusung tema “Meningkatkan Ketahanan Pangan Kota dan Menciptakan Future work Melalui Urban Farming Yang Berbasis Budaya dan Teknologi”.

Acara ini bakal berlangsung 3-4 Agustus 2022 dengan melibatkan beberapa pihak mulai dari Pemkot Bandung, Pemprov Jabar, hingga Milan Urban Food Policy Pack.

Asisten Daerah Perekonomian Setda Kota Bandung Eric M Attauriq menyebut, hadirnya Buruan Sae di kancah internasional sebagai penghargaan bagi Pemkot Bandung.

Selain itu, juga menjadi motivasi bagi Pemkot Bandung untuk terus berinovasi dan mengembangkan program-program dalam rangka peningkatan ekonomi dan ketahanan pangan.

"Ini bentuk kolaborasi sinergitas antara Pemkot Bandung dengan masyarakat," kata Eric, dalam siaran persnya, Selasa 3 Agustus 2022.

Baca Juga: Sekda Jabar Dorong Optimalisasi Peran Kecamatan di Era Disrupsi

Pada Kamis, 4 Agustus 2022, peserta seminar yang berasal dari kota-kota di Indonesia dan juga kota Milan, akan mengunjungi dua tempat Buruan Sae di Kota Bandung. Tepatnya di Kecamatan Sarijadi dan Kecamatan Cicendo.

"Jadi mereka bisa melihat fakta di lapangan, bisa melihat bagaimana partisipasi masyarakat yang berperan serta aktif dalam pengembangan ketahanan pangan," ujar Eric.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menyebut Buruan Sae jadi pengalaman terbaik dalam meningkatkan ketahanan pangan di Kota Bandung.

Gin Gin menyebut, saat ini ada 335 titik Buruan Sae di Kota Bandung. Jumlah ini akan terus dikejar, dengan tujuan nantinya satu RW di Kota Bandung punya satu titik Buruan Sae.

"Sehingga masyarakat Kota Bandung punya kemauan atau kebiasaan membangun halamannya bertanam Buruan Sae. Nantinya, kota Bandung yang ketergantungan pangannya tinggi bisa kita bangun dari dalam (agar bisa mandiri pangan)," ujar Gin Gin.

Baca Juga: Kokoh di Puncak Klasemen, Indonesia Optimistis Juara ASEAN Paragames 2022

Saat ini, Gin Gin menyebut perkembangan Buruan Sae terus menunjukkan tren positif. Menurut dia, program ini sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat Kota Bandung.

Gin Gin menambahkan, Buruan Sae kini menjadi tempat masyarakat berkumpul melakukan berbagai aktivitas. "Kita berharap jumlahnya terus bertumbuh," ujar Gin Gin.

Sebagai informasi, dalam acara pembukaan U20 di Universitas Katolik Parahyangan, ada 15 kelompok pegiat Buruan Sae yang menampilkan produknya. ***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Hadiri Kick Off BIAN 2022, Ridwan Kamil Tekankan Pentingnya Imunisasi

Sekda Jabar Dorong Optimalisasi Peran Kecamatan di Era Disrupsi