• Rabu, 17 Agustus 2022

Sudah Dibuka, Ini Syarat Usia Masuk PPDB Sekolah Dasar

- Selasa, 14 Juni 2022 | 12:48 WIB
PPDB SD Tahun 2022 sudah dibuka (ilustrasi/Kabar24)
PPDB SD Tahun 2022 sudah dibuka (ilustrasi/Kabar24)

BERITABAIK.ID – Sejumlah daerah di Indonesia sudah mulai membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi Sekolah Dasar (SD) Tahun 2022.

Nah, bagi yang akan mendaftarkan putra-putrinya ke sokolah dasar, para orangtua bisa langsung mengecek laman dinas pendidikan masing-masing daerah.

Namun, ada yang perlu diperhatikan bagi yang akan mendaftarkan anaknya ke sekolah dasar. Berkas dan syarat-syarat masuk SD harus sudah lengkap demi kelancaran proses pendaftaran. 

Baca Juga: Kapan Pengumuman Hasil PPDB Jabar 2022? Simak Informasinya di Sini

Salah satu yang mesti dipenuhi oleh Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yakni syarat usia. Syarat usia minimal anak masuk jenjang sekolah dasar sudah ditentukan dalam ketentuan penerimaan CPDB Tahun 2022.

Perlu diketahui, aturan mengenai syarat usia minimal anak masuk SD tertuang dalam Permendikbud atau Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021. 

Berikut ini aturan lengkapnya.

Syarat Usia Anak Masuk SD

  1. Calon peserta didik baru kelas 1 SD harus memenuhi persyaratan usia 7 (tujuh) tahun atau paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.
  2. Dalam pelaksanaan PPDB, SD memprioritaskan penerimaan calon peserta didik baru kelas 1 SD yang berusia 7 tahun.
  3. Persyaratan usia paling rendah sebagaimana dimaksud pada poin 1 dapat dikecualikan menjadi paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan bagi calon peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis.
  4. Calon peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.
  5. Bila tidak ada psikolog profesional, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru sekolah yang bersangkutan.
  6. Persyaratan usia dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang sesuai dengan domisili calon peserta didik.
  7. Persyaratan usia tidak berlaku untuk sekolah pendidikan khusus, pendidikan layanan khusus, dan berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Baca Juga: PPDB Kota Bandung Lebih Mudah dengan Hadirnya Mepeling

Halaman:

Editor: Asep Awaludin

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada '3 Menit untuk Indonesia', Mari Hormat Sejenak!

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:07 WIB

Gubernur Ridwan Kamil Kukuhkan Paskibraka Jabar 2022

Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:23 WIB

Wagub Jabar Dorong Masyarakat Peduli Lingkungan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:54 WIB

Ridwan Kamil Usul Pembentukan Gugus Tugas Honorer

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:15 WIB
X