• Kamis, 8 Desember 2022

Simak Pengertian DTKS dan Siapa Saja yang Berhak Menerima Bansos

- Selasa, 7 Juni 2022 | 13:53 WIB
Pengertian DTKS (ilustrasi)
Pengertian DTKS (ilustrasi)

Selama ini, masyarakat banyak yang masih belum memahami data apa yang dipakai pemerintah untuk menentukan penerima bansos.

Umumnya, masyarakat sering bertanya bagaimana cara mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah mengingat tidak semua warga mendapatkan manfaat dari bantuan tersebut.

Nah, bagi yang belum tahu bagaimana pemerintah menentukan siapa yang berhak menerima bantuan, Anda bisa menyimak penjelasannya dalam artikel ini.

Dalam menentukan data apa yang dipakai pemerintah bagi penerima bansos, pemerintah melalui Kementerian Sosial mengacu kepada data DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Pengertian DTKS Kemensos adalah data yang meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

DTKS Kemensos memuat data 40% penduduk dengan status kesejahteraan sosial terendah dan dapat menerima bansos yang digulirkan pemerintah.

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan Setelah Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 31

Tujuan dari DTKS Kemensos agar penyelenggaraan kesejahteraan sosial dapat dilaksanakan secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan oleh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Pengelolaan DTKS sendiri dilakukan dengan menggunakan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next-Generation (SIKS-NG) yang terintegrasi.

Halaman:

Editor: Asep Awaludin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bangga! Anak Muda Kota Bandung Juara Bahasa Ibu

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:10 WIB

Catat! Ada Bursa Kerja Disabilitas 3 Desember Nanti

Rabu, 30 November 2022 | 16:00 WIB

E-Penting, Langkah Cepat untuk Intervensi Stunting

Rabu, 30 November 2022 | 15:04 WIB
X