• Kamis, 11 Agustus 2022

MUI Jabar Serukan Salat Gaib untuk Eril, Putra Ridwan Kamil

- Jumat, 3 Juni 2022 | 06:23 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengganti profil di akun instagram dengan memposting foto Eril duduk di masjid sambil menatap tulisan Allah. (Twitter)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengganti profil di akun instagram dengan memposting foto Eril duduk di masjid sambil menatap tulisan Allah. (Twitter)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mengeluarkan surat edaran ajakan umat muslim menggelar salat gaib untuk Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Ajakan tersebut didasari keikhlasan keluarga Ridwan Kamil dan perubahan status pencarian Eril dari otoritas di Swiss

Surat edaran berjudul "Seruan untuk Melaksanakan Shalat Ghaib" dikeluarkan Kamis (2/6/2022) dengan tanda tangan Ketua MUI Jabar KH Rachmat Syafei dan Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar.

Dalam surat edaran disebutkan keluarga Ridwan Kamil sudah menggelar pertemuan dengan MUI Jabar di Kantor MUI Jabar Kamis (2/6/2022) pukul 19.00-19.30 WIB.

Dari pertemuan tersebut diperoleh dua poin utama yakni Ridwan Kamil sudah mengikhlaskan kepergian Eril, putranya.

Baca Juga: Ustadz Adi Hidayat Ajak Umat Muslim Doakan Eril

Ridwan Kamil dan istri meyakini Eril meninggal dunia akibat tenggelam. Eril dilaporkan terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022).

Sementara poin kedua menyebutkan otoritas setempat sudah menetapkan perubahan status pencarian Eril dari mencari orang hilang (missing person) menjadi mencari orang tenggelam (drowned person). 

Lebih lanjut edaran tersebut menyebutkan, dengan memperhatikan keterangan dan penjelasan dari pihak keluarga, maka dengan memperhatikan ketentuan Syara', jenazah harus segera disalatkan. Karena jenazah tidak atau belum ditemukan, maka salat jenazah dilakukan dengan salat gaib.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ridwan Kamil Usul Pembentukan Gugus Tugas Honorer

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:15 WIB

Yuk, Semarakkan Peringatan ke-77 HUT Kemerdekaan RI

Selasa, 2 Agustus 2022 | 10:16 WIB
X