• Minggu, 25 September 2022

Inovatif! Atap Gedung Kelurahan Sukawarna Disulap Jadi Kebun

- Kamis, 2 Juni 2022 | 20:38 WIB
Kelurahan Sukawarna, Kecamatan Sukajadi masuk enam besar lomba kelurahan tingkat Kota Bandung 2022. (Humas Pemkot Bandung)
Kelurahan Sukawarna, Kecamatan Sukajadi masuk enam besar lomba kelurahan tingkat Kota Bandung 2022. (Humas Pemkot Bandung)

Berkat inovasi dalam berkebun, Kelurahan Sukawarna, Kecamatan Sukajadi masuk enam besar lomba kelurahan tingkat Kota Bandung 2022.

Jajaran tanaman hidroponik di depan gedung kelurahan merupakan bukti bahwa inovasi ini dieksekusi dengan baik.

“Inovasi kami sejak pandemi adalah berkebun. Kami bersama warga juga menyediakan contoh miniatur berkebun,” tutur Lurah Sukawarna, Nana Hadiana, dalam siaran persnya, Kamis (2/6/2022). 

Tak hanya itu, kelurahan ini juga memiliki atap gedung yang disulap menjadi lahan berkebun yang ditumbuhi aneka tanaman dengan nilai jual yang menjanjikan.

Buah tin, anggur, stroberi, dan mint menjadi koleksi milik Kelurahan Sukawarna. Salah satu tanaman yakni pineapple mint berhasil disebar ke seluruh Indonesia karena hanya tumbuh di atas gedung kelurahan ini.

Masyarakat juga ikut berperan aktif dalam lomba kelurahan ini, seperti mengolah kembali limbah organik menjadi lukisan yang memiliki nilai jual.

Tak luput dari perhatian, limbah anorganik pun dapat disulapnya menjadi hiasan apik yang dipamerkan di sekeliling gedung kelurahan.

Baca Juga: Seleksi Jalur Mandiri, 4 PTN Ini Selenggarakan Tes Secara Online

Nana menuturkan, kolaborasi menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan wilayahnya.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tukar Sampah Jadi Berkah di Acara Great Bandung

Sabtu, 24 September 2022 | 17:20 WIB

Boseh Bike Kini Hadir di Kawasan Summarecon Bandung

Jumat, 23 September 2022 | 12:15 WIB

Ridwan Kamil Bantu Keluarga Yatim di Kota Bekasi

Rabu, 21 September 2022 | 06:00 WIB
X