• Kamis, 8 Desember 2022

Dari Kota Ende, Jokowi Ajak Anak Bangsa Membumikan Pancasila

- Rabu, 1 Juni 2022 | 11:09 WIB
Presiden Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2022.  (setkab.go.id)
Presiden Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2022. (setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, Rabu (1/6/2022), yang digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Hari ini, 1 Juni 2022, kita memperingati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur," kata Jokowi seperti dilansir dari laman resmi sekretariat kabinet, Rabu (1/6/2022).

Menurut Jokowi, di kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno, proklamator kemerdekaan, Bapak Pendiri bangsa, merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara.

"Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Presiden.

Baca Juga: Indahnya Keragaman Desa Nglinggi, Damai Berbudaya Membumikan Pancasila

Presiden Jokowi menyampaikan, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa Indonesia tetapi juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat, karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” ujarnya.

Presiden pun kembali mengingatkan seluruh elemen bangsa untuk betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bangga! Anak Muda Kota Bandung Juara Bahasa Ibu

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:10 WIB

Catat! Ada Bursa Kerja Disabilitas 3 Desember Nanti

Rabu, 30 November 2022 | 16:00 WIB

E-Penting, Langkah Cepat untuk Intervensi Stunting

Rabu, 30 November 2022 | 15:04 WIB
X