• Minggu, 2 Oktober 2022

Teknik Menghadapi Tes UTBK SBMPTN agar tidak Panik

- Senin, 16 Mei 2022 | 20:33 WIB
Teknik menghadapi tes UTBK agar tidak panik (instagram)
Teknik menghadapi tes UTBK agar tidak panik (instagram)

Setelah menyadari apa yang sedang dirasakan, langkah yang harus dilakukan yakni mengatur napas.

Napas dikendalikan supaya tidak terburu-buru. Pertama, ambil napas secara mendalam dari hidung selama tiga detik.

Setelah itu, embuskan napas selama tiga detik pula. Pengaturan napas tersebut dapat membuat detak jantung kembali normal.

Kendati demikian, saat melakukan teknik pernapasan tersebut harus tetap fokus.

Pelaku harus sadar dan tidak boleh melamun.

Baca Juga: Kenali Sistem Penilaian UTBK, dan Bagaimana Jika Jawaban Salah

"Harus sadar, tidak bisa melamun. Jadi semuanya modelnya itu saya menerima apa pun emosi yang muncul dari tubuh saya. Menerima itu akan membuat perubahan," imbuhnya.

Dosen yang juga psikolog ini menambahkan bahwa teknik pernapasan tersebut harus diulang berkali-kali hingga diri menjadi tenang. Tidak perlu terburu-buru. Teknik pernapasan tersebut dilakukan secara perlahan.

Datang Lebih Awal Saat UTBK

Selain melakukan teknik pernapasan mindfulness, Laelatus juga menyarankan para peserta UTBK untuk tidak terlambat saat hari pelaksanaan.

Halaman:

Editor: Asep Awaludin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gejog Lesung, Ketika Alat Tani Lantunkan Instrumen Musik

Selasa, 27 September 2022 | 21:50 WIB

Pasar Murah Kota Bandung Catatkan Omzet hingga Rp408 Juta

Selasa, 27 September 2022 | 13:58 WIB

Tukar Sampah Jadi Berkah di Acara Great Bandung

Sabtu, 24 September 2022 | 17:20 WIB
X