• Minggu, 14 Agustus 2022

Kenali Sistem Penilaian UTBK, dan Bagaimana Jika Jawaban Salah

- Senin, 16 Mei 2022 | 20:25 WIB
Sistem penialain UTBK SBMPTN 2022 (ilustrasi)
Sistem penialain UTBK SBMPTN 2022 (ilustrasi)

Bagi kalian yang akan mengikuti tes Ujian Tulis Berbasis Komputes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN 2022) penting mengetahui sistem penilaiannya. 

Pasalnya, sistem penilaian UTBK SBMPTN merupakan salah satu bagian yang krusial dalam penentuan kelulusan masuk PTN pilihan. 

Untuk itu, penting memahami sistem penilaian sebelum mulai melaksanakan ujian yang akan berlangsung pada Selasa (17/5/2022). 

Sebetulnya, penghitungan skor UTBK-SBMPTN 2022 belum diungkap secara resmi oleh pihak penyelenggara yakni Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Namun, bila berkaca pada pelaksanaan sebelumnya, skema penghitungan nilai UTBK menggunakan sistem item response theory (IRT).

Baca Juga: Ini Pembagian 3 Kelompok Ujian Gelombang 1 UTBK SBMPTN 2022

Secara teori yang dikutip dari publikasi ilmiah dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, sistem IRT adalah pendekatan untuk menganalisis ujian yang menggunakan model matematika kemungkinan peserta ujian menjawab soal dengan benar. 

Dalam artian, skoring atau penilaian bergantung pada karakteristik dari soal yang dikerjakan dan kemampuan dari peserta tersebut.

Untuk itulah, sistem penilaian dengan IRT menggunakan konsep bobot nilai yang berbeda pada setiap sub tes bergantung tingkat kesulitan soal. Tingkat kesulitan soal tersebut tidak ditentukan sebelum ujian, melainkan diambil dari jawaban seluruh peserta saat ujian berlangsung.

Mengutip laman SMAN 1 Sedayu, skema penilaian IRT dapat dirangkum menjadi tujuh tahapan penilaian yakni di antaranya:

Halaman:

Editor: Asep Awaludin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wagub Jabar Dorong Masyarakat Peduli Lingkungan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:54 WIB

Ridwan Kamil Usul Pembentukan Gugus Tugas Honorer

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:15 WIB
X