• Jumat, 20 Mei 2022

Menengok Tradisi Larung Sesaji Warga Pesisir di Rembang

- Selasa, 10 Mei 2022 | 17:39 WIB
Tradisi larung sesaji di Kabupaten Rembang Jawa Tengah. (Arif Syaefudin)
Tradisi larung sesaji di Kabupaten Rembang Jawa Tengah. (Arif Syaefudin)

Warga pesisir di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, memiliki tradisi unik setiap tahun. Namanya tradisi larung sesaji yang dilaksanakan setiap datang bulan Syawal.

Tradisi ini mulai kembali digelar Selasa (10/5/2022) setelah selama 2 tahun terakhir tak bisa terselenggara akibat pandemi Covid-19.

Sesaji berupa kepala kambing, dilarung ke laut utara Jawa, diiringi sejumlah perahu milik para nelayan setempat.

Kepala Desa Tasikagung, Riyanto mengatakan, tradisi larung sesaji merupakan wujud syukur kepada Tuhan atas rezeki yang dilimpahkan.

"Larung sesaji tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya sebelum pandemi. Sebelumnya, sangat ramai karena diikuti banyak kapal. Namun saat ini, karena dibatasi sehingga hanya beberapa kapal saja yang mengikuti prosesi larung sesaji," katanya.

Prosesi larung sesaji, lanjut Riyanto diawali dengan mengarak miniatur kapal yang berisi kepala kambing dan berbagai hasil bumi keliling desa. Selanjutnya, miniatur kapal tersebut dilarung atau dihanyutkan ke laut.

Baca Juga: Menhub Minta Maaf Pelayanan Mudik Lebaran 2022 Belum Maksimal

"Perahu-perahu yang ngiring pelarungan sesaji kita batasi. Cuman enam perahu saja, dua yang membawa sesaji sisanya warga dan didampingi TNI sama Polri. Kalau sebelumnya lebih banyak. Kita tetap mematuhi aturan pemerintah," terangnya.

Pantauan di lokasi, setelah rangkaian kegiatan sesi pelarungan sesaji selesai, acara dilanjutkan dengan sejumlah pertunjukan seni tradisional.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prediksi Skor UTBK SBMPTN di Kampus Unpad

Selasa, 17 Mei 2022 | 15:37 WIB
X