• Sabtu, 26 November 2022

Mudik Lebaran 2022 lewat Tol Bisa Gratis, Begini Ketentuannya

- Jumat, 22 April 2022 | 10:29 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mempertimbangkan menggratiskan tarif Tol pada saat arus mudik Lebaran 2022. (Ilustrasi/Pixabay)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mempertimbangkan menggratiskan tarif Tol pada saat arus mudik Lebaran 2022. (Ilustrasi/Pixabay)

Antusiasme masyarakat untuk mudik lebaran sangat tinggi. Terbukti, beberapa program mudik gratis 2022 yang digelar pemerintah ludes dalam waktu singkat.

Salah satu program mudik gratis 2022 yang sudah ludes dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Seperti yang diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Kamis, 21 April 2022.

Pada program mudik gratis 2022 Kemenhub menganggarkan Rp20 miliar untuk menyediakan 700 bus antarkota dan 70 truk pengangkut sepeda motor pemudik.

Dari berbagai sumber, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memprediksi masyarakat akan lebih banyak menggunakan jalur darat saat mudik lebaran nanti.

Menurutnya, dari prediksi 80 juta orang yang akan mudik, 9 juta di antaranya akan mudik melalui jalur udara, 6 juta lewat jalur laut, sisanya jalur darat yang didominasi kendaraan pribadi.

Baca Juga: Jalur Selatan Jawa Cukup Memadai sebagai Alternatif Mudik Lebaran 2022

Muhadjir menilai, masyarakat sudah rindu mudik lebaran karena tertunda selama dua tahun akibat pandemi. Apalagi jalan tol saat ini sudah semakin banyak menjangkau jalur mudik.

Khawatir terjadi kemacetan di jalan tol, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mempertimbangkan menggratiskan tarif Tol pada saat arus mudik lebaran.

Tarif tol bakal digratiskan pemerintah jika nantinya terjadi kemacetan parah hingga 1 kilometer di gerbang tol.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X