Dari Rumah Ini RA Kartini Memperjuangkan Emansipasi Wanita

- Kamis, 21 April 2022 | 07:05 WIB
Bangunan yang dulu jadi tempat RA Kartini memperjuangkan emansipasi wanita kini jadi museum. (Arif Syaefudin)
Bangunan yang dulu jadi tempat RA Kartini memperjuangkan emansipasi wanita kini jadi museum. (Arif Syaefudin)

Raden Ajeng (RA) Kartini adalah pahlawan emansipasi wanita di Indonesia. Perjuangannya dimulai kala ia tinggal di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Hingga kini, rumah yang dulu ditinggali dan menjadi saksi bisu perjuangan RA Kartini, masih berdiri megah. Bahkan, barang-barang peninggalan RA Kartini, masih tersimpan rapi.

Lokasinya berada di kompleks rumah dinas Bupati Rembang, Jalan Gatot Subroto Rembang. Khusus bangunan yang dulu ditinggali RA Kartini, kini dijadikan museum.

Baca Juga: 10 Kata Mutiara Sambut Hari Kartini dalam Bahasa Inggris Serta Terjemahannya

Dari Alun-alun Kota Rembang, museum itu berjarak sekitar 100 meter. Bahkan, bisa ditempuh dengan hanya jalan kaki. 

"Barang-barang asli peninggalan ibu Kartini, di sini disimpan. Beberapa koleksi beliau yang bersifat sensitif, artinya mudah rusak, sengaja kita simpan, dan hanya dikeluarkan saat menjelang momen peringatan Hari Kartini," terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Muttaqin. 

Setidaknya, ada 224 barang yang terbagi dalam 6 jenis, merupakan barang pribadi RA Kartini dan masih tersimpan di museum ini.

Antara lain, ethografika 61 koleksi, histografika 110 koleksi, filografika 3 koleksi, Keramologika 25 koleksi, teknologinya 5 koleksi, dan seni rupa 20 koleksi.

Ada koleksi bothekan, yakni wadah berbentuk piramid 5 susun berwarna cokelat dan emas yang atasnya terdapat kuncup bunga. Fungsinya sebagai tempat jamu atau ramuan milik RA Kartini.

Baca Juga: Kartini Masa Kini, Lilis Sosok Ibu yang Memilih Jadi Mekanik Motor Vespa

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jawa Barat Jadi Pionir Pariwisata Berbasis HAM

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:55 WIB
X