• Sabtu, 13 Agustus 2022

Pulang Kampung Jelang Ramadhan? Cek Dulu 7 Komponen Penting dari Mobil Kamu

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 21:55 WIB
Ilustrasi (pixabay)
Ilustrasi (pixabay)

TemanBaik, pulang kampung menyambut datangnya Ramadhan sudah menjadi tradisi di Indonesia. Banyak orang yang sengaja melakukan perjalanan jauh untuk memulai puasa di kampung halaman.

Bagi kamu yang hendak melakukan perjalanan jauh dengan mobil, ada baiknya mengecek kondisi kendaraan terlebih dulu. Pastikan mobil dalam kondisi prima agar perjalanan kamu terasa nyaman aman dan antimogok.

Nah, apa saja yang perlu dipersiapkan dari mobil kamu sebelum memulai perjalanan jauh? Dikutip dari deltalube, berikut ini bagian penting dari mobil yang perlu kamu cek sebelum bepergian:

Air Radiator

Radiator adalah komponen penting di mobil, kinerjanya menjaga suhu mesin selalu ideal. Harus dipastikan air radiator dalam keadaan penuh. Cek juga bagian reservoir, pastikan sudah ada di level yang disarankan.

Tidak ada salahnya memeriksa slang yang berhubungan dengan radiator. Bila sudah menggelembung atau retak, segera diganti. Pastikan juga slang tersebut terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran.

Oli Mesin

Mobil untuk perjalanan jauh harus dipastikan mendapatkan pelumasan dengan baik. Oli mesin salah satunya. Periksa level oli mesin dalam keadaan ideal. Caranya melalui deepstick alias stik oli. Level oli tidak boleh terlalu banyak atau sedikit. Pastikan pula batas waktu (kilometer) pemakaian oli sesuai dengan jarak tempuh perjalanan. Bila dirasa tidak cukup, sebaiknya diganti dengan oli baru.

Baterai

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wagub Jabar Dorong Masyarakat Peduli Lingkungan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:54 WIB

Ridwan Kamil Usul Pembentukan Gugus Tugas Honorer

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:15 WIB
X