• Sabtu, 26 November 2022

Minyak Goreng Langka dan Mahal? Ini Dia 5 Alternatif Minyak Penggantinya

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 11:03 WIB
Pemerintah memutuskan hanya mensubsidi minyak goreng curah dan melepaskan harga minyak goreng kemasan sederhana dan premium ke harga keekonomian (dok, Kendalku.com-Pikiran Rakyat)
Pemerintah memutuskan hanya mensubsidi minyak goreng curah dan melepaskan harga minyak goreng kemasan sederhana dan premium ke harga keekonomian (dok, Kendalku.com-Pikiran Rakyat)

TemanBaik, belakangan rasanya sulit sekali mendapatkan minyak goreng sawit kemasan. Tiap kali akan membeli minyak goreng kemasan di swalayan, bahkan hingga di pasar tradisional pasti selalu habis. Jika pun ada maka kita diharuskan untuk antre.

Setelah sempat langka, kini minyak goreng sawit harganya naik drastis setelah pemertintah mencabut penetapan harga eceran tertinggi (HET).

TemanBaik, tahu enggak kalau minyak goreng sawit ini bukan satu-satunya minyak yang dapat digunakan di dapur loh! Ada beberapa minyak non-sawit yang dapat kamu gunakan sebagai alternatif untuk keperluan kamu memasak 

Berikut 5 alternatif pengganti minyak goreng sawit yang bisa kamu gunakan!

Minyak kelapa
Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup tinggi dalam produksi buah kelapa loh. Buah kelapa dapat diambil minyaknya untuk dijadikan alternatif pengganti minyak goreng.

Minyak kelapa mengandung lemak jenuh tinggi yang dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. Selain itu minyak kelapa juga memiliki sifat antioksidan tinggi yang mampu melawan berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh seseorang. Minyak kelapa juga kaya akan vitamin E dan polyphenol yang dapat membantu mengatur keseimbangan hormon.

Baca Juga: Pemerintah Kota Bandung Berangkatkan 13 Warganya ke Negeri Sakura

Mentega
Mentega ternyata tidak hanya digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kue saja. Mentega juga bisa menjadi solusi pengganti minyak goreng sawit. Mentega dapat digunakan dalam menumis sayuran hingga memanggang daging. Hal ini karena mentega mengandung vitamin A, E, dan vitamin K2. Ketiga vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme kalsium dalam tubuh dan bisa mencegah penyakit serius seperti penyakit jantung, kanker, juga osteoporosis.

Minyak Jagung
Jagung tidak hanya dibakar, atau direbus saja, ternyata jagung dapat dijadikan minyak loh, TemanBaik. Pertama biji jagung ditekan dengan mesin untuk mengekstrak minyaknya. Kemudian ekstrak minyak tersebut akan melewati serangkaian proses kimia guna menghilangkan kotoran, bau, serta rasa yang tidak diinginkan.

Memang proses ini dapat menghilangkan sebagian nutrisi yang ada pada jagung. Namun, masih ada komponen baik yang tersisa, contohnya vitamin E dan fitosterol yang memiliki sifat anti-peradangan.

Minyak Zaitun 
Minyak zaitun juga masuk dalam daftar minyak alternatif pengganti minyak goreng sawit. Minyak yang terbuat dari buah zaitun ini memiliki senyawa antioksidan dan kaya akan vitamin E. Jumlah lemak jenuh yang rendah membuat minyak yang satu ini dapat membantu mengatasi penyakit jantung dan dapat mengurangi nyeri sendi.

Minyak Canola
TemanBaik ada yang tahu bunga canola? Bunga kanola ternyata dapat dibuat menjadi minyak. Minyak canola adalah jenis minyak nabati yang berasal dari biji tanaman Canola (Brassica napus). Nama canola itu sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Canada Oil, sebagai negara produsen utamanya.

Minyak canola atau kanola mengandung 63% lemak tak jenuh tunggal dan asam alfa-linoleat, turunan dari omega-3. Kedua senyawa ini sudah lama dikaitkan manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Minyak asal Kanada ini juga terbukti rendah akan kandungan asam erusat, asam lemak yang menyebabkan kerusakan jantung.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X