Sumedang Raih 3 Penghargaan Pelayanan Prima dari Kementrian PAN-RB

- Rabu, 9 Maret 2022 | 14:59 WIB
 (dok. Humas Kemenpan RB)
(dok. Humas Kemenpan RB)

Kabupaten Sumedang raih tiga penghargaan pelayanan prima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo kepada Bupati H Dony Ahmad Munir dala acara Hasil Evaluasi Pelayanan Publik 2021 Intercontinental Hotel Jakarta. Selasa (8/3/2022). 

Pada kesempatan tersebut Dony Ahmad mengatakan dirinya bersyukur atas penghargaan yang diraih oleh Disdukcapil Kabupaten Sumedang dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Unsur penilaian yang dilakukan berdasarkan enam aspek yang mendorong unit penyelenggara pelayanan publik untuk memberikan layanan yang prima. 

"Alhamdulilah, Kabupaten Sumedang mendapat penghargaan kategori pelayanan publik dengan predikat Pelayanan Prima. Saya sendiri selaku Bupati mendapat apresiasi sebagai Pembina Pelayanan Publik kategori Prima," ujarnya dikutip dari laman resmi Kemenpan.go.id. 

Baca Juga: Optimistis Hadapi Tahun 2022, bank bjb Catatkan Laba Kotor Rp2,6 Triliun

Lebih lanjut Dony pun menerangkan tentang aspek penilaian yang digunakan dalam kategori yang dimenangkan oleh Kabupaten Sumedang tersebut. 

"Ada enam aspek penilaian dalam penghargaan ini, keenam aspek tersebut ialah kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik," ujar Dony. 

Dony pun memohon doa untuk kelancaran di dua dinas pelayanan publik tersebut, karena pelayanan publik adalah wajah pemerintah dimana pelayan publik akan berhadapan langsung dengan masyarakat serta masyarakatlah yang emnajdi penilai dari kualitas layanan yang diberikan. 

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengatakan, tiap tahun dilaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap 548 instansi pemerintah daerah baik kabupaten/kota dan provinsi, serta 84 kementerian/lembaga. 

"Setiap tahun kita melakukan evaluasi seluruh kementerian lembaga. Insyaallah pada akhir 2024, 514 kabupaten/kota, 34 provinsi, TNI Polri membuat inovasi mempercepat pelayanan publik dengan cepat," tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri PANRB juga memberikan penghargaan secara langsung untuk instansi pemerintah yang berhasil meraih predikat A atau Pelayanan Prima.

Selain itu, juga dilakukan pemberian penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi untuk pertama kalinya. Penghargaan ini diberikan kepada pimpinan kementerian/lembaga serta kepala daerah yang telah berhasil meraih dua tahun berturut-turut predikat A atau pelayanan prima. 

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Bandung Sambut Hari Raya Imlek dengan Toleransi

Kamis, 19 Januari 2023 | 13:40 WIB
X