bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Ilustrasi pendidikan anak.

4 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

 

BERITABAIK.ID - Persiapan dana pendidikan anak adalah hal penting yang harus diperhatikan orang tua karena biayanya tidak sedikit.

Dalam keterangan resminya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut kenaikan biaya pendidikan per tahunnya diprediksi 10-15 persen. Tentu, kita harus bersiap, ya.

Salah satu persiapan yang mungkin kita lakukan adalah menyiapkan asuransi terbaik bagi pendidikan si Kecil.

Bagaimana caranya? Simak tips sederhana di bawah ini, yuk!

1. Menghitung Biaya yang Dibutuhkan

Alangkah bijaknya untuk menghitung berapa jumlah biaya pendidikan yang dibutuhkan untuk si kecil sebelum mencari asuransi pendidikan yang sesuai. Mulai dari uang pendaftaran, SPP bulanan, uang buku, uang seragam, biaya ekstarkulikuler hingga uang transportasi.

Baca Juga: Dinkes Kota Bandung Sediakan Vaksin Booster Kedua bagi Masyarakat Umum

Khusus untuk biaya pendidikan yang jangka waktunya lebih dari 10 tahun, seperti biaya pendidikan kuliah, tips yang paling penting untuk diperhitungkan adalah inflasinya. Sebab, menghitung inflasi bisa membantumu agar nilai investasi yang direncanakan saat ini dapat mengimbangi kenaikan biaya pendidikan.

2.   Evaluasi Kemampuan Finansial

Jika kamu sudah menentukan kebutuhan biaya pendidikan, jangan lupa juga untuk mengukur kemampuan finansial.

Ya, kamu harus bisa mengatur berapa banyak uang yang bisa disisihkan dengan nyaman dan risiko keuangan yang akan dihadapi apabila membeli produk asuransi pendidikan karna asuransi pendidikan merupakan jenis asuransi jangka panjang, maka jangan sampai pembayaran preminya mengganggu kondisi keuangan keluarga.

3.   Pilih Perusahaan Asuransi dengan Bijak

Tips selanjutnya yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah memilih perusahaan asuransi yang mempunyai reputasi baik, terpercaya, memiliki sertifikat dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan terdaftar serta diawasi oleh OJK.

Baca Juga: ‘Badai Telah Berlalu’, Rasa Syukur Diskoria di Penghujung Pandemi

Sebagaimana kita ketahui, perusahaan asuransi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset serta membuat perbandingan agar tidak menyesal di kemudian hari.

4.   Tinjau Kembali Polis Asuransi yang Dipilih

Jika kamu sudah menentukan pilihan produk asuransi yang ingin dibeli, jangan lupa untuk memeriksa kembali syarat dan ketentuan yang ada di dalam polis. Konfirmasi kembali nama tertanggung besaran premi, uang pertanggungan, durasi asuransi, biaya asuransi, instrumen investasi hingga fasilitas lainnya sudah sesuai dengan kesepakatan.

Menurut Peraturan OJK Nomor 69/POJK.05/2016, peserta asuransi memiliki hak untuk mempelajari polis dalam jangka waktu 14 hari sejak polis diterima. Jadi, selain memilih produk asuransi pendidikan yang sesuai, kamu juga bisa memahami segala hak dan kewajiban konsumen maupun perusahaan asuransi.

TemanBaik, pendidikan anak adalah investasi jangka panjang yang harus kamu perhatikan baik-baik. Yuk, dampingi tumbuh kembangnya sebaik yang kita bisa berikan! **

Editor : Marshal Deru Bumi

Pemilu 2024, Jumlah Pemilih Kota Bandung Meningkat 170.000 Orang

Dinkes Kota Bandung Sediakan Vaksin Booster Kedua bagi Masyarakat Umum