Ini Hukum Membuang-buang Makanan dalam Islam, Hentikan Mulai Sekarang!

- Jumat, 9 Desember 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi membuang makanan. (Unsplash/Gary Chan)
Ilustrasi membuang makanan. (Unsplash/Gary Chan)

BERITABAIK.ID - Tanpa kita sadari membuang makanan sering kita anggap hal biasa. Bahkan terkadang ada sebagian dari kita yang sengaja menyia-nyiakan makanan yang masih layak untuk dimakan dengan alasan kenyang atau karena tidak suka. 

Perbuatan menyia-nyiakan atau membuang-buang makanan ini termasuk ke dalam sikap boros yang tidak seharusnya kita lakukan.

Dalam Islam, sikap boros dan menyia-nyiakan makanan ini dikenal dengan istilah mubazir yang berarti mengeluarkan harta untuk melakukan maksiat.

Saat merasa kenyang, banyak dari kita yang langsung tanpa pikir panjang membuang makanan begitu saja. Bukan hanya kenyang, sebagian orang juga kerap membuang makanan dengan penuh kesadaran tanpa alasan yang dibenarkan, jelas ini adalah perbuatan yang mubazir.

Baca Juga: Simak Baik-baik, 5 Cara Mengendalikan Marah yang Diajarkan Rasulullah

Sedangkan Allah SWT sangat memebenci hambanya yang melakukan perbuatan mubazir karena hal ini sama saja dengan melakukan maksiat.

Bahkan sudah ditulis secara jelas dalam Alquran dan diperkuat dengan hadist-hadist shahih terkait hukum membuang makanan ini.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah  dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW  tidak pernah mencela makanan sekali pun.

Baca Juga: Survei LKP: Ridwan Kamil dan Moeldoko Bersaing di Papan Tengah Capres 2024

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini 7 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:10 WIB

4 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

Selasa, 24 Januari 2023 | 18:10 WIB

Tips Menjaga Pola Makan Sehat untuk Pekerja Kantoran

Selasa, 3 Januari 2023 | 13:45 WIB
X