• Rabu, 30 November 2022

Unik! Ini 5 Jenis Perawatan Tubuh Tradisional dari Berbagai Daerah di Indonesia

- Jumat, 27 Mei 2022 | 10:30 WIB
Perawatan tradisional. (Ilustrasi/Pixabay)
Perawatan tradisional. (Ilustrasi/Pixabay)

TemanBaik, Indonesia adalah negara yang kaya dengan ragam kuliner lezat, hingga keragaman warisan budaya yang memikat, misalnya melalui perawatan tubuh tradisional

Bicara perawatan tubuh, ternyata sejak zaman dulu tradisi ini sudah turun temurun dilakukan oleh para perempuan Indonesia loh! Bahan yang digunakan juga berasal dari rempah tradisional yang kaya manfaat dan dinilai lebih aman tanpa efek samping akibat campuran bahan kimia.

Dilansir dari Indonesia Travel, sensasi perawatan tradisional ini juga lebih menarik karena teknik dan prosesnya yang mengikuti tradisi warisan leluhur. Biar nggak penasaran, berikut adalah 5 jenis perawatan tubuh tradisional dari berbagai daerah di Indonesia

1. Lulur - Jawa 
Selain kaya akan kerajinan tangan yang istimewa, suku Jawa juga punya daya tarik budaya yang luar biasa, salah satunya adalah lulur. Lulur atau yang dikenal dengan nama lain ngadi saliro adalah ritual kecantikan putri raja yang populer di tanah Jawa.

Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, perawatan tradisional tersebut telah digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Pada umumnya lulur terbuat dari rempah-rempah yang ditumbuk bersama beras, kencur, kunyit, atau bengkoang. Tentunya manfaat dari lulur ini sangat bagus untuk kulit, karena bisa melembapkan dan menghilangkan sel kulit mati. 

2. Boreh - Bali
Kalau TemanBaik biasanya ke Bali untuk menikmati bentangan wisata alam yang indah, kini saatnya mencoba hal baru. Misalnya dengan menghangatkan tubuh dengan perawatan tradisional yang juga bisa mencerahkan kulit, yang bernama boreh. Metode spa tradisional ini berasal dari Bali dan menggunakan rempah-rempah kaya manfaat seperti jahe, cengkeh, dan serai yang dihaluskan dan dicampur dengan air hingga teksturnya menyerupai pasta kental. 

Kemudian, ramuan tadi dibalurkan ke seluruh tubuh selama kurang lebih 30 menit dan setelah mengering bisa dibilas dengan air mawar, agar sensasi setelahnya lebih menyegarkan. 

Baca Juga: Buah Takokak dan Manfaatnya Mencegah Asam Urat, Wasir dan Mata Minus

3. Tangas - Betawi
Berbeda dari yang sebelumnya, spa tradisional asal suku Betawi dari Jakarta dilakukan dengan tahapan pijat, lulur, dan mandi uap. Yang menjadi keunikan dari perawatan tubuh ini adalah bahan rempah yang digunakan. Bahan spa tradisional ini terdiri dari bunga kantil, bunga melati, bunga mawar, jahe, jeruk limau, pandan, dan minyak tangas khas Betawi.

Tangas
atau yang juga dikenal dengan sebutan ratus biasa digunakan calon pengantin dengan tujuan menyegarkan dan mengencangkan kulit. Namun, kini siapa pun bisa mencobanya. 

4. So’oso - Madura
Masyarakat Madura menggunakan perawatan tradisional ini untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati, menghaluskan, dan menjadikan kulit lebih harum serta bersinar. Kalau Sobat Pesona penasaran mau coba sendiri di rumah, siapkan bahan-bahan berupa buah asam, tepung beras, temu lawak, dan telur ayam. 

5. Batangeh - Minangkabau
Tak hanya kulinernya yang menggoyang lidah, Sumatera Barat juga punya perawatan kulit autentik dan unik, yaitu batangeh. Batangeh merupakan ritual mandi uap yang bertujuan untuk merawat bagian organ intim perempuan, bagi wanita yang akan menikah dan baru melahirkan. Tapi, masyarakat Minang juga biasanya menggunakan perawatan tubuh tradisional ini kepada orang yang baru sembuh dari sakit menahun, tujuannya untuk menyegarkan dan membersihkan tubuh. 

Serai wangi, pandan, bunga kenanga, sirih, dan kayu manis, menjadi bahan-bahan utama batangeh yang juga efektif menghilangkan aroma kurang sedap dari tubuh. 

Nah, bagaimana TemanBaik, ada di antaranya yang sudah pernah kamu coba? Selain kekayaan budaya seperti upacara adat, tarian, dan kuliner daerah dengan cita rasa ciamik, tradisi nenek moyang berupa perawatan tradisional ini juga patut dilestarikan.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Sumber: Indonesia Travel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Efek Buruk Bergadang Bagi Tubuhmu, Yuk Mulai Hindari!

Rabu, 16 November 2022 | 18:05 WIB

Porsche Bangun Destination Charging Pertama di Indonesia

Minggu, 13 November 2022 | 19:43 WIB

Mau Berfoto di Stasiun Kereta, Simak Ketentuannya Ya!

Minggu, 13 November 2022 | 12:10 WIB

Touring di Musim Hujan, Tetap Seru dengan Kiat Ini

Sabtu, 12 November 2022 | 16:50 WIB
X