• Jumat, 9 Desember 2022

5 Cara Sederhana Menjernihkan Pikiran Agar Terhindar dari Stres

- Rabu, 18 Mei 2022 | 16:13 WIB
Meditasi salah satu cara dalam menjernihkan pikiran (ilustrasi)
Meditasi salah satu cara dalam menjernihkan pikiran (ilustrasi)

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kita coba agar pikiran kita selalu jernih dan tidak mudah capek. 

Biasanya, jika pikiran sedang ruwet atau ada banyak hal yang sedang dipikirkan, pastinya kondisi kita tidak dalam keadaan tenang. 

Akibatnya, masalah yang ada jadi terasa makin sulit untuk diatasi dan berujung stres

Nah, dalam situasi seperti ini, penting bagi kita untuk berupaya menjernihkan pikiran agar terhindar dari stres

Saat pikiran sudah lebih jernih, kita tidak akan mudah mengalami stres. Serta, lebih mudah menemukan solusi atau jalan keluar dari persoalan yang ada.

Baca Juga: Kata Dokter, Ini yang Harus Diperhatikan saat Melepas Masker di Ruang Terbuka

Berikut adalah 5 cara agar kita selalu jernih dalam berpikir dan terhindar dari stres

  1. Jalan Kaki

"forest bathing" yang mengacu pada aktivitas jalan kaki di alam terbuka. Tak harus pergi ke hutan, tetapi bisa cukup dengan jalan kaki di taman atau keliling kompleks perumahan. Berjalan kaki dan memperhatikan sekitar bisa membantu kita menata pikiran. Kita terhubung dengan lingkungan sekitar kita sekaligus kembali terhubung dengan diri sendiri.

  1. Melakukan Box Breathing

Lakukan latihan pernapasan dengan rasio 1:1. Maksudnya panjang tarikan napas sama dengan panjang embusan panas. Cara ini akan membantu kita mendapat lebih banyak oksigen dan menenangkan pikiran lebih baik lagi. Cara ini bisa mengoptimalkan sistem saraf parasimpatetik yang bertanggung jawab atas istirahat dan pernapasan.

Halaman:

Editor: Asep Awaludin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X