• Jumat, 20 Mei 2022

Kurangi Pencemaran Plastik di Laut, Adidas Kembali Gelar 'Run For The Ocean 2022'

- Kamis, 12 Mei 2022 | 10:56 WIB
 (dok. Adidas Indonesia)
(dok. Adidas Indonesia)

Menyambut Hari Laut Sedunia pada 8 Juni mendatang, Adidas bersama dengan Parley for the Oceans kembali mengajak komunitas olahraga di seluruh dunia untuk mengikuti aksi nyata dalam 'Run For the Oceans 2022' untuk mengurangi sampah plastik di laut.

Di tahun 2022 ini, untuk pertama kalinya, cabang-cabang olahraga baru akan ditambahkan ke dalam inisiatif ini. Hal ini  membuat 'Run For the Oceans tahun 2022' menjadi yang paling beragam dan  inklusif dibanding pendahulunya. 

Semua kalangan dari komunitas olahraga seluruh dunia diundang untuk berpartisipasi langsung  turun ke jalan, lapangan tenis, hingga lapangan sepakbola untuk bersatu menjaga kelestarian laut dari limbah plastik

Program ini akan dimulai pada 23 Mei - 8 Juni. Acara yang masuk pada tahun kelimanya ini memiliki ambisi untuk  menggerakan seluruh generasi untuk turut berpartisipasi dan menghentikan produksi limbah plastik. Riset menunjukan  bahwa bumi berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Diprediksi laut akan dihuni lebih banyak  limbah plastik dibanding ikan pada tahun 2050. 

Kegiata ini membutuhkan kontribusi dari semua kalangan untuk membuat perubahan yang nyata dan 'Run  for the Oceans' tahun ini akan berkembang dengan menambahkan aktivitas-aktivitas baru. 

Dalam keterangan resmi yang diterima beritabaik.id, untuk setiap 10 menit dari aktivitas olaharaga berlari, tenis, atau sepak bola, yang terekam via adidas  Runtastic app, Joyrun, Codoon, Yeudongquan, atau Strava, Parley akan membersihkan limbah dengan berat 1 botol plastik dari pantai, pulau terpencil, dan pesisir pantai sebelum sampah tersebut  mencapai laut (hingga 250,000 kg limbah sampah plastik). 

Baca Juga: Indonesia Hadirkan Ragam Produk Ekraf pada 1st Tourism Work Group 2022

Katja Schreiber, SVP Sustainability di Adidas mengatakan, "Waktu semakin mendesak dalam perjuangan  menghentikan produksi limbah plastik, untuk itu kami berupaya lebih keras dengan fokus yang lebih dibanding sebelumnya. Ini merupakan masalah bagi industri ini secara keseluruhan, hal ini pun membutuhkan solusi keseluruhan dari industri terkait, karena kelestarian alam adalah sebuah bentuk tanggung jawab bersama."

"Dengan menyatukan komunitas olahraga dalam inisiatif ini, kita dapat  memulai aksi nyata melawan limbah plastik dengan memberikan pengalaman langsung untuk banyak orang di mana aksi dan cara mereka menjadi aktif dapat memberi kontribusi nyata bagi kelangsungan laut  kita," tambahnya. 

"Penting bagi kami untuk memastikan bahwa komitmen brand kami sejalan dengan situasi yang sedang  kami hadapi, untuk itu kami berkomitmen untuk sebisa mungkin mengganti bahan polyester dengan  polyester daur ulang dalam produk kami pada tahun 2024," ujarnya.
 
Sejak 2017, Adidas dan Parley Run for the Oceans telah menyatukan 8.2 juta pelari di seluruh dunia,  dengan total jarak berlari lebih dari 81.7 juta kilometer.  Sejak awal kerjasama mereka pada 2015 lalu, Adidas telah membuat lebih dari 50 juta pasang sepatu dengan Parley Ocean Plastic dan hampir 18 juta pasang di tahun 2021- Termasuk bahan yang berasal dari limbah  yang diambil di pantai, serta pesisir, mencegahnya agar tidak mencemari lautan.

Untuk tahun 2022, adidas X Parley mengumumkan peluncuran Adizero X Parley dan Ultraboost 22 X  Parley. Dengan jejak karbon yang hanya 3.5 kg per pasangnya, Adizero X Parley merupakan hasil  kolaborasi pertama adidas dan Parley dengan konsep jejak karbon rendah, sebuah pencapaian bagi  kolaborasi yang didasari oleh inovasi tanpa mengabaikan performa sepatu.
 

Dari pengambilan bahan dasar, tahap proses, pengemasan, hingga masa akhir dari produk tersebut,  Adidas telah memperhitungkan dan mengomunikasikan jejak karbonnya, menyesuaikan dengan  standar yang diakui secara internasional, ISO 14067. Hasil jejak yang tersedia memberikan  transparansi mengenai siklus kegunaan suatu produk.

Walaupun kerjasama adidas x Parley menunjukan bahwa kemajuan dapat dilakukan bersamaan  usaha menghentikan produksi limbah plastik, masih banyak hal yang harus dilakukan mengenai ini. 

Cyrill Gutsch, CEO dan pendiri Parley mengatakan, "7 tahun yang lalu adidas menandatangani kontrak  untuk mendukung Parley sebagai mitra pendiri. Dengan keputusan ini, Adidas berkomitmen untuk  menghadapi ancaman yang tak terelakan, krisis limbah plastik. Sejak saat itu jutaan orang telah  mendukung kami dengan aksi serta dengan membeli produk yang dibuat dengan Parley Ocean Plastic bahan yang kami buat untuk mendanai upaya kami."

"Produk ini menjadi simbol perubahan, tanda yang membawa pesan optimis, Kita dapat menghentikan krisis ini dengan membersihkan bumi kita, dengan  cara menciptakan material terbarukan dan yang terpenting, dengan mengubah pola pikir kita. Hari ini, limbah plastik masih menjadi ancaman bagi hidup kita. Namun milyaran orang saat ini telah  menyadari hal tersebut. Run for the Oceans adalah sebuah momen yang dapat mengubah kesadaran  menjadi aksi nyata, di mana kita dapat menjadikan gerakan ini lebih besar lagi. Di mana semua orang  dapat ikut ambil bagian. Berlarilah dengan kaki dan juga pikiran kita! Bantu kami untuk menyelesaikan  perjuangan ini," tambahnya.

Nah, TemanBaik, melalui diri masing-masing kita dapat membuat aksi, bersama kita dapat membuat perubahan dengan menyatukan komunitas olahraga di seluruh dunia untuk Run for the Oceans pada 23 Mei - 8 Juni mendatang. Kamu bisa mendaftarkan diri dan merekam aktivitas olahragamu melalui aplikasi  adidas Runtastic app, Joyrun, Codoon,  Yeudongquan, atau Strava.

Untuk informasi lebih lanjut dan registrasi, kamu bisa mengunjungi laman resmi  adidas.com/runfortheoceans. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi laman Instagram @adidasIndonesia @adidasrunning, @parley.TV, dan  @adidasRuntastic serta Facebook, lalu jangan lupa gunakan tagar #RunForTheOceans #adidasParley  #ImpossibleIsNothing #endplasticwaste

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Doa-doa di Hari Jumat

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:00 WIB

16 Mei 2022 Peringatan Hari Raya Waisak

Kamis, 12 Mei 2022 | 21:13 WIB
X