• Minggu, 25 September 2022

Begini Tips Membuat Rumah Kecil Terasa Luas untuk Menyambut Lebaran

- Rabu, 27 April 2022 | 15:21 WIB
 (dok. Ilustrasu Unsplash/Jade Owen)
(dok. Ilustrasu Unsplash/Jade Owen)

TemanBaik, saat Hari Raya Idulfitri tentu kegiatan halal bihalal akan selalu dilakukan oleh kita dan keluarga besar dengan saling berkunjung ke rumah. Tak jarang rumah kita juga menjadi tempat berkunjung keluarga besar.

Ketika rumah kita adalah tipe rumah dengan ukuran yang kecil atau mungil, biasanya kita mengalami kesulitan dalam proses penataan di ruangan yang luasnya terbatas.Tapi, jangan khawatir. meski dengan rumah berukuran terbatas kamu bisa kok mengaplikasikan desain ruang agar rumah yang mungil terlihat lebih luas saat halal bihalal. Mau tahu seperti apa? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Gunakan perabot multifungsi
Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat rumah kecil menjadi luas adalah dengan menggunakan perabot multifungsi. Perabot multifungsi dapat kamu gunakan di dalam rumah kamu untuk menghindari penggunaan ruangan yang banyak oleh sebuah perabot. Usahakan untuk menggunakan perabot yang memiliki banyak fungsi sehingga ruangan terlihat lebih luas.

Baca Juga: Mengenal 5 Tahapan Kesedihan saat Mengalami Kehilangan

Perabotan multifungsi seperti meja makan yang dapat dilipat setelah selesai digunakan sehingga tidak memakan tempat. Kamu juga dapat membeli tempat tidur yang memiliki banyak kompartemen di bawahnya. Laci di bawah tempat tidur dapat digunakan untuk menyimpan pakaian dan berbagai barang sehingga dapat menghemat ruangan untuk digunakan saat kumpul keluarga.

Minimalisir sekat dalam rumah
Terlalu banyak sekat dalam rumah hanya akan membuat ruangan terasa semakin kecil. Karena itu, sebaiknya biarkan saja ruangan terlihat terbuka agar pandangan mata terasa lebih lega dan luas. Namun jika kita perlu memisahkan satu ruangan dengan yang lain, cobalah gunakan furnitur seperti lemari atau rak buku sebagai sekat yang ditata dengan rapi. Pilihan lain, kita bisa mengganti sekat dengan gorden atau pintu lipat yang dapat dibuka tutup dengan leluasa ketika dibutuhkan.

Langkah mudah lainnya adalah dengan membedakan warna karpet atau lantai antara dua ruangan tanpa sekat sehingga batas antar ruangan dapat terlihat dengan jelas dan rumah tetap terasa lebih luas.

Menyimpang Barang dalam Barang
Peralatan besar dalam rumah dapat menyita tempat. Tanpa disadari, biasanya para ibu sering membeli panci atau perabot dapur berukuran besar dan seketika saja dapur terasa penuh. Sebagai cara menata rumah kecil biar rapi. Kita  dapat memanfaatkan perabotan besar tadi untuk menyimpan benda kecil lainnya ya. Contohnya, kita dapat menggunakan panci berukuran besar yang jarang digunakan untuk menyimpan mangkuk atau panci lain berukuran kecil. Trik ini akan membuat ruangan terlihat lebih rapi.

Manfaatkan pintu sebagai tempat penyimpanan
Peralatan pembersih  rumah yang cukup banyak sering kali memakan tempat. Nah, TemanBaik cara menata rumah kecil biar rapi yang satu ini pastinya akan disukai para ibu. Agar mudah dicari, pasanglah gantungan atau rak kecil di belakang pintu kamar mandi atau ruang cuci kamu Susun dan letakkan barang sesuai dengan fungsinya seperti rak khusus sabun, sikat kecil, handuk, cairan pembersih meja, dan sebagainya. Pastinya dengan cara seperti ini ruangan akan terasa lebih luas.

Sesuaikan ukuran perabotan dengan rumah
TemanBaik, kesalahan menata rumah kecil yang sering tidak disadari pemilik adalah membeli perabotan besar tanpa mempertimbangkan ukuran ruangan. Sebagai contoh, jika ukuran ruang tamu tidak terlalu besar, hindari membeli sofa dengan tiga dudukan. Kamu dapat memilih ukuran sofa yang lebih kecil sehingga masih tersisa tempat untuk meletakkan barang lainnya.Tidak hanya lebih sedap dipandang, cara menata rumah kecil biar rapi ini juga berguna untuk menyisakan ruang gerak bagi kegiatan kamu dan keluarga.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Kebiasaan Gaya Hidup Ini Bisa Mempercepat Penuaan

Selasa, 20 September 2022 | 08:51 WIB

7 Ciri Orang yang Berpikir Menggunakan Akal Sehat

Senin, 19 September 2022 | 17:38 WIB

Kamar Mulai Bau, Begini Trik untuk Mengatasinya

Rabu, 14 September 2022 | 11:23 WIB

Tips Aman Terobos Banjir Menggunakan Motor Matic

Selasa, 13 September 2022 | 09:08 WIB

Tips Menjemur Pakaian agar Cepat Kering saat Musim Hujan

Selasa, 13 September 2022 | 06:05 WIB

Apa Itu Polis Asuransi? Begini Penjelasan Selengkapnya

Kamis, 8 September 2022 | 15:40 WIB
X