• Kamis, 11 Agustus 2022

Ini 4 Strategi untuk Mempersiapkan UTBK 2022 agar Lebih Efektif

- Selasa, 26 April 2022 | 14:51 WIB
 (dok. Ilustrasi Freepik)
(dok. Ilustrasi Freepik)

TemanBaik, pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 sebagai syarat masuk Seleksi Bersama Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022, sudah semakin dekat loh! UTBK pada tahun 2022 akan dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022 untuk gelombang pertama dan 28 Mei - 03 Juni 2022 untuk gelombang 2.

Untuk mengikuti UTBK sebagai syarat masuk SBMPTN 2022, belajar dengan giat dan berlatih berbagai saja ternyata tidak cukup. Keinginan kuat tanpa strategi malah dapat sesuatu yang kurang efektif, karena bisa jadi persiapan yang kamu lakukan malah menjauhkan kita  dari titik berhasil.

Nah, oleh karena itu kamu harus mempunyai strategi yang tepat dalam menghadapi UTBK agar memperoleh skor yang tinggi. Hal tersebut untuk mencapai keberhasilan masuk ke perguruan tinggi yang kamu mau.

Lalu strategi apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi UTBK? Yuk penjelasan di bawah ini agar persiapan UTBK kamu semakin strategis dan efektif!

Pahami konsep materi, bukan menghafal
Belajar dengan menghafal materi malah akan mempersulit kamu. Bukan hanya sulit dalam mengafal setiap kalimatnya, kamu juga akan kesulitan dalam mengerjakan soal. Memahami konsep merupakan strategi yang paling dasar untuk dilakukan saat belajar, karena ketika dasarnya sudah kuat akan memudahkan kamu untuk memahami setiap sosial serta materi-materi selanjutnya.

Baca Juga: Meski Ada Perbedaan Awal Ramadan 2022, 1 Syawal 1443 H Berpotensi Sama 
Jangan terlalu banyak mengikuti Try Out (TO)
Try out pada dasarnya berfungsi untuk mengukur perkembangan dalam belajar. Namun, ternyata terlalu banyak mengikuti TO tanpa dibarengi dengan evaluasi akan menjadi hal yang tidak efektif. Jika tidak diikuti dengan evaluasi dan hasilnya tidak sesuai harapan, hal ini malah dapat mendatangkan kehilangan motivasi. Jadi, pastikan ketika kamu akan mengikuti TO. Kamu sudah siap dan jangan lupa untuk melakukan evaluasi juga ya.

Buat prioritas materi
Dengan keterbatasan waktu untuk mempersiapkan diri, akan sangat susah untuk mempelajari seluruh materi secara mendalam. Maka dari itu penting untuk membuat prioritas materi, kamu bisa mempelajarinya dari materi-materi yang sering keluar pada tahun sebelumnya. Selain itu, jangan lupa untuk fokus pada subtes yang sesuai dengan target jurusan yang kamu mau.

Berlatih manajemen waktu pengerjaan soal
Manajemen waktu juga menjadi strategi penting yang tidak boleh dilewatkan untuk dilatih saat melakukan persiapan UTBK. Biasakan untuk berpikir cepat, membaca, dan menghitung cepat melalui latihan soal. TemanBaik bisa menggunakan stop watch  untuk latihan soal agar bisa memperkirakan berapa lama kamu mengerjakan satu soal dan mempertimbangkan manajemen waktu saat pelaksanaan UTBK.

Nah, itu dia empat strategi yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi UTBK – LMPT 2022. Jangan lupa dipraktikan ya TemanBaik dan semoga bershasil!

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Kucing Sedunia, Yuk Sayangi Hewan Lucu Ini!

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:01 WIB

Cara Mengatasi Bau Badan Tanpa Deodoran

Senin, 13 Juni 2022 | 15:42 WIB
X