• Minggu, 25 September 2022

Hati-hati Perundungan, Perhatikan Hal Ini Sebelum Bercanda Ya!

- Senin, 25 April 2022 | 12:27 WIB
 (dok. Ilustrasi Unsplash/Morgan Basham)
(dok. Ilustrasi Unsplash/Morgan Basham)

TemanBaik, kamu punya teman yang suka bercanda, atau mungkin kamu sendiri termasuk orang yang suka bercandaMenjadi pribadi atau memiliki seorang teman yang mempunyai selera humor memang menyenangkan.

Biasanya sosok seperti tersebut akan disukai banyak orang dan menjadi pusat perhatian serta mencairkan mencairkan suasana. 
Namun, hati-hati ya TemanBaik, jangan sampai bercandamu berlebihan dan tanpa sadar menjadi sebuah perundungan.

Biasanya hal ini terjadi karena unsur kedekatan. Perasaan dekat dengan seseorang membuat orang tersebut cenderung merasa aman untuk bercanda. Sebaiknya sebelum bercanda, kita harus memperhatikan beberapa hal agar tidak berujung pada ketersinggungan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberpa hal yang harus kita perhatikan saat bercanda. Yuk, simak!

Niat bercanda atau menegur belum tentu diterima orang lain
Hindari hal-hal yang bersifat personal atau terkait bentuk fisik. Biasanya berawal dari niat bercanda dan mencairkan suasana, namun secara tidak sadar perkataan kita mungkin dapat menyakiti orang lain. Sebaiknya berhati-hati ya karena tidak semua orang mampu menerima perkataan/perbuatan negatif sebagai bercandaan.

Sebagai orang yang sudah merasa dekat dan akrab cenderung menegur dengan dibalut candaan, tak jarang teguran yang dilontarkan malah terkesan menghina dengan tujuan untuk membuat seseorang menjadi lebih baik.  Jangan sampai kamu seperti ini ya TemanBaik! 

Baca Juga: Begini Tips Berkendara Aman dan Nyaman dengan Transportasi Online

Merasa paling mengerti kondisi emosinal seseorang
Kedekatan yang dihasilkan entah itu karena tinggal berdekatan atau karena banyaknya waktu yang dihabiskan bersama terkadang membuat seseorang yakin telah mengenal satu sama lain dengan baik. Namun, nyatanya kondisi emosional itu hanya diketahui dengan baik oleh setiap individu karena tidak nampak dan hanya bisa dirasakan oleh pribadi masing-masing.

Bersikap superior
Biasanya ini terjadi karena salah satu pihak merasa lebih tinggi daripada yang lainnya,bisa karena umur, jabatan, dan lain-lain. Mereka biasanya merasa lebih unggul sehingga terkadang secara sadar atau tidak sadar menghina seseorang.

Berawal dari rasa peduli dan perhatian
Beberapa orang membenarkan berbagai cara untuk membuat seseorang menjadi lebih baik. Termasuk perundungan yang dibalut dengan kata bercanda hal ini memang didasari dengan rasa peduli dan perhatian, namun nyatanya hal ini malah bisa memperburuk keadaan seseorang loh!

Itu dia hal-hal yang perlu diperhatian sebelum bercanda. Jangan sampai candaan yang kamu lontarkan malah membuat seseorang menjadi terlihat buruk ya TemanBaik

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Kebiasaan Gaya Hidup Ini Bisa Mempercepat Penuaan

Selasa, 20 September 2022 | 08:51 WIB

7 Ciri Orang yang Berpikir Menggunakan Akal Sehat

Senin, 19 September 2022 | 17:38 WIB

Kamar Mulai Bau, Begini Trik untuk Mengatasinya

Rabu, 14 September 2022 | 11:23 WIB

Tips Aman Terobos Banjir Menggunakan Motor Matic

Selasa, 13 September 2022 | 09:08 WIB

Tips Menjemur Pakaian agar Cepat Kering saat Musim Hujan

Selasa, 13 September 2022 | 06:05 WIB

Apa Itu Polis Asuransi? Begini Penjelasan Selengkapnya

Kamis, 8 September 2022 | 15:40 WIB
X