• Minggu, 25 September 2022

Suka Konsumsi Jamu? Ini Fakta Soal Jamu yang Perlu Kamu Tahu!

- Minggu, 13 Juni 2021 | 12:30 WIB

TemanBaik, Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah. Hingga saat ini pun kekayaan rempah masih sering kita manfaatkan. Mulai dari menambah cita rasa masakan, untuk kesehatan, hingga rempah yang diolah menjadi minuman tradisional asal Indonesia yaitu jamu. 

Siapa diantara TemanBaik yang suka atau bahkan sudah rutin mengonsumsi jamu? Wah, itu hal baik! Karena jamu sebagai obat tradisional Indonesia ini memiliki banyak manfaat jika rutin dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Tapi jangan cuma jadi penikmat tanpa punya pengetahuan soal jamu dong, TemanBaik. Yuk kita intip obrolan Beritabaik.id bersama Shella Alfiana, pencinta jamu sekaligus pemilik kafe jamu Mahidana soal ragam fakta menarik seputar jamu!

Pertama, masih banyak rempah yang bisa diolah. Bicara soal jamu tentu berkaitan dengan kekayaan rempah di Indonesia. Mungkin saat kata jamu disebut, nama rempah yang muncul dibenak TemanBaik adalah kunyit, jahe, temulawak, kayu manis, atau kecombrang.

Tapi nyatanya banyak loh rempah yang namanya masih asing saat didengar tapi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sebut saja akar sidaguri. Menurut berbagai penelitian, rempah ini bagus untuk asam urat. 

Namun ternyata belum banyak yang tahu dan memanfaatkan akar sidaguri, TemanBaik. Bahkan karena bentuknya yang seperti ilalang, membuat akar sidaguri terbuang begitu saja.

-


Baca Ini Juga Yuk: Tatar Taruwanoja, Rumah Impian Pendamba Kenyamanan

Contoh rempah lain yang memiliki khasiat namun belum banyak diketahui adalah antehai. Walau bentuknya kecil, antehai bagus untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. 

"Biji antehai ini direbus, kulitnya dilepas, dan dalamnya dimakan. Ini bisa jadi obat batuk," ujar Shella.

Kedua, persepsi kurang tepat soal jamu. Menurut Shella, masih banyak orang yang berpikir untuk mengonsumsi jamu di waktu sakit atau ketika merasa tidak enak badan. Padahal jamu akan lebih menunjukkan khasiatnya bila rutin dikonsumsi sebagai upaya pencegahan terkena penyakit. 

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

4 Kebiasaan Gaya Hidup Ini Bisa Mempercepat Penuaan

Selasa, 20 September 2022 | 08:51 WIB

7 Ciri Orang yang Berpikir Menggunakan Akal Sehat

Senin, 19 September 2022 | 17:38 WIB

Kamar Mulai Bau, Begini Trik untuk Mengatasinya

Rabu, 14 September 2022 | 11:23 WIB

Tips Aman Terobos Banjir Menggunakan Motor Matic

Selasa, 13 September 2022 | 09:08 WIB

Tips Menjemur Pakaian agar Cepat Kering saat Musim Hujan

Selasa, 13 September 2022 | 06:05 WIB

Apa Itu Polis Asuransi? Begini Penjelasan Selengkapnya

Kamis, 8 September 2022 | 15:40 WIB
X