• Kamis, 6 Oktober 2022

Lokalate Gaungkan Kampanye Gerakan #SobatMelekInklusif

- Rabu, 28 April 2021 | 11:35 WIB





TemanBaik, Lokalate yang merupakan merk kopi kekinian asli Indonesia, punya perhatian tersendiri bagi teman disabilitas. Mereka menggulirkan sebuah gerakan bernama #SobatMelekInklusif. Apa sih program ini? Simak ulasannya, yuk!

#SobatMelekInklusif ini bertujuan mengajak publik, terutama anak muda Indonesia, biar makin melek dengan isu inklusivitas, termasuk disabilitas. Publik pun diharapkan makin peduli terhadap mereka, terutama yang terdampak pandemi COVID-19.

Ada dua program yang digulirkan melalui gerakan #SobatMelekInklusif ini. Pertama adalah 'Lokalate Inclusive Enterpreneurship' dan kedua yakni kampanye 'Ramadan Difabel Berdaya'. Lahirnya dua program ini tak lepas dari sikap pantang menyerah teman-teman disabilitas itu sendiri.

"Di masa penuh tantangan ini, Lokalate sangat terinspirasi dengan semangat juang dari teman-teman difabel yang terus berusaha untuk betahan di masa pandemi," kata Brand Manager Lokalate Jesaya Christian.

"Inilah mengapa kami tergerak untuk mengadakan gerakan #SobarMelekInklusif untuk mengajak anak muda Indonesia menumbuhkan nilai-nilai inklusif dan peduli bagi teman-teman difabel dalam berbagai bentuk," ucapnya.

Nah, biar lebih jelas, kita bahas lebih lanjut yuk soal dua program ini. Siapa tahu kamu juga tertarik untuk turut berkontribusim

Jesaya mengatakan, 'Lokalate Inclusive Enterpreneurship' merupakan program pendampingan bisnis dan mentoring bagi kafe-kafe disabilitas di Indonesia yang terdampak pandemi. Lokalate memberikan ragam pembekalan untuk meningkatkan pemasukan bagi kafe yang mempekerjakan disabilitas.

Pembekalannya meliputi pendampingan dan mentoring dari sisi bisnis, manajemen operasi, service excellence, product development, promosi menggunakan media sosial, pendaftaran di aplikasi layanan pemesanan makanan-minuman daring, serta endorsement oleh influencer dan food blogger.

Salah satu yang tergabung dalam program ini adalah Cafe More. Kafe yang berlokasi di Jalan Pajajaran, Kota Bandung, ini merupakan bagian dari BRSPDSN Wyata Guna. Selama pandemi, kafe ini mengalami penurunan omzet signifikan dan hanya mampu menerima perkiraan pemasukan Rp145 ribu per minggu.

-


Baca Ini Juga Yuk: Hindari Kebiasaan Tidur Setelah Sahur, Begini Penjelasannya

Hasil dari pendampingan itu pun berbuah baik. Omzet. Cafe More mengalami peningkatan signifikan. Bahkan, kini omzet dalam sepekan bisa mencapai Rp2 juta atau sekitar 13 kali dari omzet sebelumnya saat pandemi.

"Sejak pandemi ini memang pendapatan sangat menurun. Dalam sehari bahkan pernah ada yang sampai nol (tak ada pembeli sama sekali). Tapi setelah mendapat pendampingan, omzet kita bisa sampai Rp2 juta dalam seminggu," ungkap Sri Ayu, barista Cafe More.

Ia pun berharap Cafe More bisa semakin berkembang. Sebab, kafe ini menjadi harapan bagi para baristanya yang merupakan penyandang disabilitas sensorik netra alias tunanetra.

Kamu bisa turut peduli kok pada mereka. Caranya sederhana, jika kamu sedang berada di Bandung, sesekali ngopi deh di Cafe More. Yakin deh kopi di sini bakal memanjakan kamu.

Sementara itu, Lokalate juga memberdayakan kafe di wilayah lain loh, misalnya Kito Rato Coffee yang dikelola Komunitas Difabel Kita Setara Indonesia di Tangerang. Ke depan, Lokalate juga bakal memberi pendampingan bagi kafe di daerah lain, mulai dari Depok, Yogyakarta, Bontang, Banjarmasin, Denpasar, Pekanbaru, hingga Makassar.

Ramadan Difabel Berdaya
Program berikutnya yang dinamakan 'Ramadan Difabel Berdaya', merupakan gerakan top up donation kerja sama Lokalate dengan Kitabisa.com dalam rangkan Hari Donasi Online Nasional (Hardolnas) 2021.

Gerakan yang diinisiasi Kitabisa.com ini merupakan program Ramadan tahunan loh dan sudah memasuki tahun ketiga. Kampanye ini bertujuan mengajak anak muda berkontribusi dan membantu teman-teman disabilitas yang memiliki usaha tapi terdampak pandemi.

Dalam program ini, ada sejumlah brand yang turut terlibat selain Lokalate. Kitabisa.com pun menamakan mereka dengan sebutan #BrandBaik. Head of Brand Partnership Kitabisa.com Marisa Thara Wardhani mengapresiasi mereka yang terlibat dalam program 'Ramadan Difabel Berdaya'.

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan banyak #BrandBaik, salah satunya dengan Lokalate di Hardolnas 2021. Memang tidak dipungkiri, teman-teman difabel adalah salah satu kelompok yang paling rentan dan terdampak, baik secara ekonomi maupun sosial," tuturnya.

"Sementara itu, kami juga percaya bahwa sebenarnya banyak orang baik di Indonesia, termasuk anak muda yang ingin membantu," ucap Marisa.

Program ini berjalan mulai 30 April mendatang hingga 7 Mei 2021. Kegiatan ini akan dipromosikan melalui sosial media Lokalate maupun aplikasi Kitabisa.com. Uniknya, donasi yang masuk bakal dilipatgandakan loh. Misalnya dengan berdonasi Rp10 ribu, maka nilainya akan bertambah menjadi Rp20 ribu.

Nantinya, dana yang terkumpul dari donasi tersebut bakal disalurkan bagi teman-teman disabilitas di area Jakarta dan sekitarnya. Misalnya untuk memodifikasi kendaraan khusus disabilitas, kaki palsu, atau kebutuhan lain untuk menunjang kegiatan usaha mereka yang terdampak akibat pandemi.

"Kami mengajak anak muda Indonesia untuk ikut aktif mendukung gerakan ini. Caranya mudah, Sobat Melek semuanya bisa masuk ke tautan halaman galang dana kitabisa.com/dukungdifabelberdaya di platform Kitabisa.com," jelas Yesaya.

"Lalu, lakukan donasi senilai kemampuan dari teman-teman. Tidak ada minimum dukungan. Jadi siapa saja sangat terbuka untuk ikut mendukung," sambungnya.

Foto: Dok. Lokalate

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

4 Kebiasaan Gaya Hidup Ini Bisa Mempercepat Penuaan

Selasa, 20 September 2022 | 08:51 WIB

7 Ciri Orang yang Berpikir Menggunakan Akal Sehat

Senin, 19 September 2022 | 17:38 WIB

Kamar Mulai Bau, Begini Trik untuk Mengatasinya

Rabu, 14 September 2022 | 11:23 WIB

Tips Aman Terobos Banjir Menggunakan Motor Matic

Selasa, 13 September 2022 | 09:08 WIB

Tips Menjemur Pakaian agar Cepat Kering saat Musim Hujan

Selasa, 13 September 2022 | 06:05 WIB
X