• Kamis, 6 Oktober 2022

Workshop "Bebas Cemas" Ajak Hidup Optimal di Masa Sekarang

- Rabu, 27 November 2019 | 08:07 WIB

Kecemasan sering terjadi dalam keseharian perempuan modern. Namun kecemasan tidak bisa dihindari. TemanBaik hanya perlu mempelajari cara-cara agar bisa mengatasi rasa cemas tersebut.

Untuk menjawab hal itu, Beritabaik.id berkolaborasi dengan Goddess Witch Project mengadakan workshop bertajuk 'Bebas Cemas: Sebuah Pendekatan Holistik untuk Mengatasi Kecemasan pada Perempuan', Selasa (26/11/2019) di Studio 39, Jalan Cipunagara No 39, Bandung.

Narasumber yang hadir untuk memberikan pemahaman tentang mengatasi kecemasan adalah Praktisi Traditional Chinese Medicine (TCM), Ani Purwandini.

“Sebetulnya hal yang paling mudah untuk mengatasi kecemasan adalah menyadari present time. Cemas itu berarti kita tidak being at the present time. Entah ke belakang, entah ke depan, seringnya ke depan. Belum kejadian udah dipikirin. Padahal sebetulnya kita hari ini baik-baik saja, itu sudah cukup. Bersyukur, itu bisa diartikan menyadari apa saja berkah buat kita hari ini. Mengerti apa yang kita punya itu cukup. Itu yang bisa membawa orang balik lagi ke masa ini, masa sekarang,” ujar Ani.

Baca Ini Juga Yuk: Belajar Mengatasi Kecemasan Lewat Pendekatan Holistik

Selain itu, Ani juga mengatakan cara lain mengatasi kecemasan yakni melalui napas. Karena menurutnya, saat kita cemas, biasanya napas terburu-buru dan terengah-engah. Lebih lanjut Ani menjelaskan, memperbaiki pola tidur juga salah satu upaya mengatasi kecemasan. Karena menurutnya, ketika orang tidur cukup, pikiran akan lebih tenang.

“Keseimbangan akan lebih terjaga, pikiran lebih tenang. Selain itu juga pola makan memengaruhi. Jadi kita harus betul-betul mengenal badan. Apa yang bisa dicerna dan tidak bisa dicerna. Ini harus cek ke ahli gizi,” terangnya.

Ani mengajak para peserta untuk lebih mengenal kecemasan yang dirasakan diri kita dan menarik pesan dari setiap kecemasan yang kita rasakan.

“Kecemasan itu kan sesuatu yang tidak dapat kita hindarkan. Cemas dihasilkan dari rangkaian peristiwa yang terjadi terus-menerus. Kalau kita bisa menarik mundur, menemukan asal kecemasan tersebut, kita akan bisa mengatasinya. Sebenarnya jika kita sadari, kecemasan itu bisa menjadi hal baik untuk diri.” ucapnya.

Halaman:

Editor: Avitia Nurmatari

Tags

Terkini

4 Kebiasaan Gaya Hidup Ini Bisa Mempercepat Penuaan

Selasa, 20 September 2022 | 08:51 WIB

7 Ciri Orang yang Berpikir Menggunakan Akal Sehat

Senin, 19 September 2022 | 17:38 WIB

Kamar Mulai Bau, Begini Trik untuk Mengatasinya

Rabu, 14 September 2022 | 11:23 WIB

Tips Aman Terobos Banjir Menggunakan Motor Matic

Selasa, 13 September 2022 | 09:08 WIB

Tips Menjemur Pakaian agar Cepat Kering saat Musim Hujan

Selasa, 13 September 2022 | 06:05 WIB
X