• Kamis, 6 Oktober 2022

Catat! Ini 4 Cara untuk Mengatasi Demam

- Kamis, 16 Mei 2019 | 08:30 WIB





Demam merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja dimanapun kita berada. Saat orang-orang terkena penyakit demam, biasanya obat yang dipilihnya yaitu istirahat dan banyak minum air putih.

Demam memang membuat tak nyaman, karena itu sebaiknya bersiap menghadapinya. Nah, kami rangkumkan buat TemanBaik cara menghindari dan mengatasi demam.

Temukan Perawatan yang Benar
Sekitar satu dari empat orang yang ada di muka bumi ini, pasti terkena penyakit demam. Glenis Scadding, seorang ahli konsultan dari rumah sakit Royal National Throat, memberi saran, obat Anthistamin merupakan pilihan yang tepat, bagi orang-orang yang terkena demam ringan. Sementara obat yang tepat untuk demam yang parah adalah semprotan steroid intranasal, Scadding merekomendasikan untuk mencari bantuan medis, ketika demam parah tersebut tidak teratasi.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Penyakit Cacar Monyet dan Gejalanya

Minum Obat di Awal
Holly Shaw, seorang penasihat perawat dari Allergy UK, mengatakan bahwa meminum obat demam sejak awal, merupakan kunci yang sangat efektif ketika demam memuncak. Biasanya, penderita demam akan mengobati demamnya ketika gejalanya sudah dimulai. Ia merekomendasikan untuk berkonsultasi langsung kepada apoteker, agar diberi obat yang sesuai ketika demam menyerang.

Hindari Penyebab
Demam bisa saja datang dari hal-hal yang ada di rumah, seperti kebersihan rumah, baju, bahkan hewan peliharaan sekalipun. Sangat dianjurkan mengganti pakaian, ketika orang baru saja bepergian dari luar. Hindari mengeringkan pakaian di luar rumah, dan menjaga jendela agar selalu tertutup. Hindari juga pemotongan rumput yang berada di halaman rumah, dan simpanlah bunga-bunga segar di dalam rumah.

Hindari Stres
Penelitian pernah menunjukkan, bahwa stres dapat menyebabkan demam. Dr Ahmad Sedaghat, spesialis telinga, hidung dan tenggorokan menjelaskan, kemungkinan koneksi dari tubuh kita dapat menimbulkan demam.

"Stres dapat membuat demam yang parah, kami tidak tahu persis mengapa itu terjadi, tetapi kami pikir, hormon stres dapat merendahkan sistem kekebalan yang ada di tubuh," ungkapnya.

Berolahraga, dan makan makanan yang sehat, merupakan kunci efektif bagi orang mudah stres, dan juga kunci utama dalam menghindari penyakit demam.

Halaman:

Editor: Tya Eka Yulianti

Tags

Terkini

4 Kebiasaan Gaya Hidup Ini Bisa Mempercepat Penuaan

Selasa, 20 September 2022 | 08:51 WIB

7 Ciri Orang yang Berpikir Menggunakan Akal Sehat

Senin, 19 September 2022 | 17:38 WIB

Kamar Mulai Bau, Begini Trik untuk Mengatasinya

Rabu, 14 September 2022 | 11:23 WIB

Tips Aman Terobos Banjir Menggunakan Motor Matic

Selasa, 13 September 2022 | 09:08 WIB

Tips Menjemur Pakaian agar Cepat Kering saat Musim Hujan

Selasa, 13 September 2022 | 06:05 WIB
X