BERITABAIK.ID - Dari Gor Saparua Kota Bandung Jumat (26/5/2023) malam, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan berita baik.

Dia mengaku sudah mendapat izin dari Wali Kota Bern untuk membangun tempat memorial di titik hilangnya Eril di Sungai Aare, Swiss.

Ridwan Kamil menyampaikan kabar tersebut dalam acara Haul Satu Tahun Emmeril Kahn Mumtadz.

"Berita baiknya Wali Kota Bern sudah memberikan persetujuan bahwa di tempat memorial Eril diizinkan membangun sesuatu," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga : Haul Satu Tahun Emmeril Kahn Mumtadz, Ridwan Kamil: Eril Pulang, Askara Datang

Ridwan Kamil mengaku akan membangun sesuatu yang bermanfaat yakni kursi daripada membangun hanya estetik atau memori.

Menurut dia, kursinya akan terbuat dari daur ulang karangan-karangan bunga yang disimpan dan dikumpulkan oleh seniman Bandung.

"Kemudian desain yang luar biasa berbentuk kursi dan akan dibantu oleh Eiger yang kebetulan punya toko di Swiss," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga : Cerita Pak Saman Mengenang Jejak Kebaikan Mendiang Eril

Lebih lanjut Ridwan Kamil mengatakan, proses daur ulang ribuan karangan bunga tersebut diserahkan kepada perupa asal Bandung, Gabriel Aries.

Sementara itu, Gabriel Aries mengatakan, total ada 1.900-an bunga papan. Menurut dia, spirit karangan bunga merupakan simbolik simpati publik terhadap kepergian almarhum.

"Cuma secara sosial kita tidak diedukasi bahwa (limbah) itu punya dampak buruk untuk lingkungan," ujar Jibril, sapaan akrabnya.

Proses kreatif karya seni tersebut, kata Jibril, melibatkan sejumlah mahasiswa seni rupa dari tiga universitas di Bandung.***