bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. Kemendikbudristek)

UNESCO Resmikan Budaya Sehat Jamu Jadi Warisan Budaya Takbenda

BERITABAIK.ID - Budaya Sehat Jamu (Jamu Wellness Culture) diresmikan menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) dan masuk ke dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity UNESCO.

Peresmian ini terjadi dalam sesi sidang ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Kasane, Republik Botswana, pada 6 Desember 2023.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, turut menyampaikannya rasa bangganya atas kabar menggembirakan ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada UNESCO yang telah menetapkan jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda. Penetapan ini akan memperkuat upaya Indonesia untuk melindungi dan mengembangkan jamu sebagai warisan budaya, serta berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan global,” ujar Nadiem, dikutip dari keterangan resmi.

Ia juga menyampaikan rasa berbangga untuk seluruh lapisan masyarakat yang turut serta dalam pelestarian dan pembangunan ekosistem budaya jamu, "Terima kasih kepada seluruh pendukung budaya sehat jamu baik di dalam negeri maupun luar negeri, produsen, para peramu dan peracik, penjual, peneliti, komunitas, pengusaha, serta penikmat khasiat jamu yang telah bersama-sama menghidupkan ekosistem budaya kesehatan jamu seperti saat ini," tuturnya.

Lebih dalam, Nadiem juga menyampaikan bahwa jamu telah menjadi salah satu warisan budaya yang mewakili hubungan yang mendalam, bermakna, dan harmonis antara manusia dengan alam. Jamu telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia selama berabad-abad.

Selain menjadi kekayaan budaya dan alam Indonesia, jamu memiliki nilai strategis dari sisi ekonomi. Produksi jamu melibatkan banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat, seperti petani yang menanam bahan baku jamu, pekerja yang memprosesnya, hingga tenaga penjualan, dan pemasaran.

Menurut Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, jamu adalah ramuan obat tradisional asli Indonesia yang dibuat dari bahan-bahan alami untuk pencegahan, pengobatan, pemulihan, serta pemeliharaan kesehatan dan kecantikan. Jamu merupakan salah satu warisan ilmu pengetahuan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang sudah disebutkan dalam relief, primbon, prasasti, dan kitab-kitab lama Nusantara.

Selama ini jamu telah menjadi ensiklopedi ekologis, pengetahuan teknologi kesehatan, dan penanda peradaban dari budaya Nusantara yang sangat berharga. Jamu juga menjadi penggerak ekonomi lokal yang bahkan beberapa di antaranya telah meraih popularitas di pasar global.

"Kita pernah mengalami momen ketika kehidupan seperti berada pada titik terendah ketika pandemi melanda. Tapi ternyata, produk kebudayaan bernama jamu ini menjadi salah satu resep yang menyembuhkan, menguatkan, dan menyatukan kita," jelas Hilmar Farid.

Budaya Sehat Jamu resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda dari Indonesia ke-13 yang dienkripsi ke dalam daftar WBTb UNESCO.

Sebelumnya, Indonesia telah berhasil mencatatkan 12 Warisan Budaya Takbenda Dunia UNESCO, yaitu Wayang (2008), Keris (2008), Batik (2009), Pendidikan dan Pelatihan Membatik (2009), Angklung (2010), Tari Saman (2011), Noken (2012), Tiga Genre Tari Bali (2015), Kapal Pinisi (2017), Tradisi Pencak Silat (2019), Pantun (2020), dan Gamelan (2021).

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Hunt & Run, Pencarian Harta Karun Garapan Mahasiswa NHI

Sabanatherapy, Inovasi Mahasiswa UNESA Hadapi Tsunami yang Raih Medali Emas di Pimnas ke-36