bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. UNESA)

Sabanatherapy, Inovasi Mahasiswa UNESA Hadapi Tsunami yang Raih Medali Emas di Pimnas ke-36

BERITABAIK.ID - Mahasiswa dari Tim PKM Video Gagasan Konstruktif atau PKM-VGK Universitas Negeri Surabaya (UNESA) berhasil membawa pulang medali emas dalam kategori poster Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36.

Penyerahan penghargaan dilangsungkan di Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung, pada kamis 30 November 2023.

Rancangan yang diberi nama Sabanateraphy ini merupakan sebuah alat ‘Balon Pelindung Diri’ yang bisa digunakan saat menghadapi tsunami.

Tim perwakilan UNESA yang meraih medali emas ini beranggotakan 5 orang, yakni Hasan Abdul Bar (S1 Pendidikan Teknik Elektro) selaku ketua tim, Aulia Rizky Ardiati (S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Ulia Asmaul Husna (S1 Pendidikan Biologi), dan Irsyad Akmal Robbanii (S1 Sastra Indonesia).

Melansir situs resmi UNESA, ketua tim, Hasan Abdul Bar menceritakan bahwa Sabanatherapy didesain berbentuk seperti koper yang dilengkapi dengan sensor terhadap sirine peringatan tsunami. Jika diaktifkan, Sabanatherapy akan berubah menjadi balon raksasa yang mampu memuat dua orang dewasa dengan menggunakan sistem finger print.

Selain itu, pada Sabanatherapy juga terdapat fitur pesan otomatis dan GPS untuk memudahkan pelacakan oleh tim penyelamat. Sabanateraphy juga dilengkapi P3K, tabung oksigen, ransum makanan, serta fitur terapi post traumatic stress atau PTSD untuk memantau kondisi psikologis korban.

Inovasi ini berangkat dari keresahan atas banyaknya korban jiwa dampak dari bencana tsunami. Sementara, saat ini upaya mitigasi tsunami masih berkutat seputar peralatan, kendaraan, hunian, dan alat komunikasi. Padahal, sebagai contoh, jumlah korban tsunami sejak 2018 sebanyak lebih dari 200 ribu jiwa dan lebih dari separuhnya mengalami PTSD.

Tujuan Sabanatherapy adalah untuk meminimalisir jumlah korban jiwa sekaligus memonitoring psikis korban pasca-bencana Tsunami.

Selama masa persiapan, tim UNESA dibina tim penalaran. Pembinaan ini dilakukan untuk mengarahkan sejak awal proses penulisan narasi hingga segala elemen pemenuhan karakteristik penilaian dalam PKM-VGK. Perwakilan tim penalaran, Firman Yasa Utama, S.Pd., M.T. mengatakan bahwa ada sekitar 25 revisi dalam perjalanannya.

Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UNESA, Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd., turut mengapresiasi atas prestasi yang dicatatkan mahasiswanya tersebut. Dia berharap bahwa dengan pemerolehan ini diharapkan menjadi pemantik semangat mahasiswa dalam berinovasi dan berkarya lewat PKM baik nasional maupun internasional.

Sebagai informasi, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan acara resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bidang penalaran. Acara ini memperlombakan karya ilmiah mahasiswa di skala Nasional.

Pada tahun 2023, Universitas Padjadjaran menjadi Tuan Rumah untuk PIMNAS ke-36, Kegiatan berlangsung pada tanggal 26 November-1 Desember 2023 di Kampus Jatinangor dan Dipatiukur.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

UNESCO Resmikan Budaya Sehat Jamu Jadi Warisan Budaya Takbenda

Sukses Gelar Tur Asia, Reality Club Gelar North America Tur