bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. Kemenparekraf)

Rumah Atsiri Kenalkan Nusantara Lewat Aroma “Scent of Wonderful Indonesia”

BERITABAIK.ID - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng mitra co-branding Rumah Atsiri Indonesia. Kolaborasi tersebut meluncurkan ‘Scent of Wonderful Indonesia’, yakni sebuah wewangian dengan aroma khas Indonesia.

“Kami dari Wonderful Indonesia senang berkolaborasi dengan Rumah Atsiri karena ini merupakan sinergi yang tepat untuk dapat dipresentasikan ke dunia,” ujar Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Bapakerkaf, Ni Made Ayu, Martini saat peluncuran di Sarinah, Jakarta pada Kamis (30/11/2023).

Scent of Wonderful Indonesia merupakan minyak atsiri atau minyak esensial (essential oil) yang kaya akan manfaat, terutama untuk mengurangi stres.

Wewangian ini menjadi salah satu langkah Kemenparekraf dan Rumah Atsiri untuk mengenalkan Indonesia lewat sensori olfaktori. Dengan menyentuh indera manusia, diharapkan minyak atsiri ini memikat hati sehingga menyentuh sisi emosional manusia.

Founder Rumah Atsiri Indonesia, Natasha Clairine, mengatakan Scent of Wonderful ini memadukan pala, nilam, serai dan limau. Rempah-rempah khas Indonesia yang selama ini berperan dalam masakan dan obat tradisional. Kini rempah-rempah tersebut dihadirkan dalam bentuk wewangian yang membentuk aroma khas Indonesia.

Minyak atsiri ini memiliki aroma pala yang hangat dan pedas, sedikit rasa manis untuk meninggalkan kesan membumi. Ada pula nilam asli Indonesia di dalamnya, yang memberikan aroma musky dengan rasa rempah nan manis.

Sementara serai dan limau sebagai bagian dari komposisi minyak atsiri dapat memberikan kesan segar, bermanfaat sebagai aromaterapi lantaran dapat mengurangi stres.

“Harapannya kami dapat menyebarluaskan Scent of Wonderful Indonesia ini sebagai aroma yang bisa mengingatkan masyarakat dan terutama tamu-tamu atau turis-turis mancanegara maupun domestik mengenai Indonesia itu seperti apa melalui aromanya,” ujar Natasha.

Lebih lanjut, koleksi aromatik ini dapat memperkuat karakter dan identitas Indonesia melalui indera penciuman, yang menjadi panca indra paling sensitif dan berhubungan erat dengan kenangan dan emosi seseorang.

Natasha juga menambahkan bahwa wewangian Scent of Wonderful Indonesia ini diharapkan membawa kenangan untuk kembali ke tempat asal aroma tersebut, yakni Indonesia.

"Kami menggabungkan aroma-aroma yang mengingatkan akan rumah dan negaranya (Indonesia). Harapannya ketika teringat, kangen, lalu datang lagi ke Indonesia untuk pariwisata," katanya.

Kolaborasi ini selaras dengan pesona cita rasa indrawi dalam 5 pilar komunikasi tematik pesona Wonderful Indonesia. Scent of Wonderful Indonesia ini hadir untuk memenuhi pesona cita rasa indrawi.

Untuk diketahui, kelima pilar yang ditawarkan oleh Wonderful Indonesia dalam pesona cita rasa indrawi adalah pesona alam (natural wonders); pesona cita rasa indrawi (sensory wonders); pesona budaya (cultural wonders); pesona kekinian (modern wonders); dan pesona petualangan (adventurous wonders).

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Sukses Gelar Tur Asia, Reality Club Gelar North America Tur

Mitigasi Bencana, Bey Machmudin Bertemu Pakar dan Peneliti Badan Geologi