bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
dok. Wonderful Indonesia

Bromo Tengger Semeru Dinobatkan Jadi Taman Nasional Terindah Ketiga di Dunia

BERITABAIK.ID - Bounce baru saja merangkumkan penobatan taman nasional terindah di dunia 2023. Bromo Tengger Semeru meraih peringkat tiga dengan poin 7,89 dari 10.

Sementara itu, di peringkat pertama ada Taman Nasional Kruger Afrika Selatan dengan poin 8,29. Sedangkan Taman Nasional Lençóis Maranhenses di Brazil menduduki peringkat kedua dengan poin 7,9.

Bounce, sebuah perusahaan penyedia jasa penitipan barang untuk para traveller di seluruh dunia baru menobatkan beberapa taman nasional di dunia ke dalam kategori mereka. Bounce telah melakukan riset ke 100 taman nasional di seluruh dunia.

Penilaian keindahan ini adalah akumulasi tim Bounce dengan melihat jumlah postingan Instagram, penayangan TikTok, ulasan Google, dan penelusuran Google.

Metodologi yang digunakan untuk Instagram dan Tiktok adalah berdasarkan postingan dengan tagar taman nasional. Sedangkan untuk jumlah total pencarian Google dihitung dari Oktober 2022 hingga September 2023 berdasarkan data dari Google Ads.

Menurut Bounce, Bromo Tengger Semeru juga menjadi taman nasional paling indah di Tiktok. Berkat bentang alamnya yang luas, Bromo Tengger Semeru meraih 1 milyar penayangan sepanjang 2023. Ini menjadikanya taman nasional paling banyak ditonton di Tiktok.

Sedangkan di Instagram, Taman Bromo Tengger mendapat 934.532 unggahan posting. Dengan total penelusuran Google sebanyak 63.500 dan mendapat poin ulasan 4,8 dari 5.

Bromo Tengger Semeru adalah kawasan taman nasional yang terletak di provinsi Jawa Timur. Taman ini juga menjadi daerah vulkanik terbesar di Jawa Timur dengan luas 800 km persegi. Taman nasional ini menarik untuk melihat aktivitas vulkanik.

Melansir situs Wonderful Indonesia, dari taman ini wisatawan dapat menyaksikan asap dan abu yang berasal dari Gunung Semeru, sebuah gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir seluas 10 km yang disebut Tengger, tempat dimana empat anak gunung berapi baru berada.

Anak gunung berapi tersebut adalah Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (2.581 m), Gunung Watangan (2.661 m), dan Gunung Widodaren (2.650 m). Namun, dari deretan gunung tersebut, hanya Gunung Bromo lah satu-satunya yang masih aktif.

Jauh ke selatan taman, akan ditemukan dataran terjal yang terbelah oleh lembah dan dihiasi dengan danau-danau yang indah hingga mencapai kaki Gunung Semeru.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki bentang alam yang luas meliputi air terjun, kawah, hingga padang pasir. Selain keindahan alam yang dijanjikan, taman ini juga merupakan rumah bagi banyak kuil, sehingga memberikan wisatawan banyak kesempatan untuk menikmati kekayaan sejarah budaya daerah sekitarnya.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Dopamine Detox, Menghilangkan Adiksi Media Sosial dan Jadi Lebih Produktif

Perkuat Komitmen Percepatan Penurunan Stunting, Jabar Gelar Aksi Stunting Awards